Sukses

Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic

Sunroof dan panoramic sunroof pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar mobil modern, dengan harga yang cukup mahal kini sudah dilengkapi sunroof ataupun panoramic. Seperti halnya dengan Peugeot 3008 dan 5008 GT Line dan Allure Plus. Dengan dua fitur tersebut, menjadikan kendaraan terasa lebih mewah dan kabin terasal lebih luas.

Namun, kehadiran sunroof dan panoramic ini, tentunya tidak bisa dianggap hanya sebagai aksesoris semata. Fitur ini juga memerlukan perawatan rutin, terlebih di negara tropis seperti Indonesia.

Dengan begitu, sunroof atau panoramic ini bisa lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, atau mengalami kebocoran. Perawatannya sendiri, bisa dilakukan paling tidak sebulan sekali, dan tidak harus dilakukan di bengkel resmi.

"Pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri terhadap sunroof dan panoramic sunroof mobilnya di rumah," tutur Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/9/2020).

Sunroof dan panoramic sunroof pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Akan tetapi, untuk perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof tersebut. Di antaranya karet menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung.

Akibatnya, lama kelamaan proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan menjadi kurang rapat. Merawat sunroof dan panoramic sunroof memang tak jauh berbeda dengan merawat kaca depan mobil. Materialnya memang sama, hanya saja kaca di sunroof dan panoramic roof lebih tebal dibanding kaca depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia pakai

Tapi yang perlu diingat, setiap komponen pada kendaraan bermotor akan memiliki usia pakai.

Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih dengan selalu diupayakan di parkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini