Sukses

Mengenal La Jamais Contente, Mobil Pertama yang Capai 100 Kpj

Saat pertama kali dikembangkan, mobil belum memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan ratusan kilometer per jam.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pertama kali dikembangkan, mobil belum memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan ratusan kilometer per jam. 

Benz Patent-Motorwagen yang merupakan kendaraan pertama bertenaga bensin di dunia pun tercatat hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 16 km/jam.

Lantas mobil apa dan siapakah pengemudi pertama yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam?

Dilansir Caradvice, orang pertama yang mampu mencapai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Camille Jenatzy. Orang Belgia tersebut  mencatatkan 105,882 km/jam pada tahun 1899 silam.

Mobil yang ia kendarai waktu itu adalah La Jamais Contente (The Never Satisfied). Menariknya, ini merupakan mobil milik Camille Jenatzy sendiri yang memang dirancang khusus. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diciptakan untuk Kecepatan

Memang mobil ini benar-benar diciptakan untuk kecepatan. Tengok saja desainnya yang sangat mirip torpedo. Bedanya, La Jamais Contente bisa dikemudikan. Di bawahnya sendiri ada sasis terbuka beserta keempat roda.

Terkait spesifikasi mesin, La Jamais Contente menggunakan dua motor listrik Postel-Vinay 25 kW yang masing-masing menghasilkan daya 124 A. Dari dapur pacu itu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 Tk.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Gara-Gara Binatang Kecil, Mobil Ini Jadi Ringsek

Binatang kecil kerap bersarang di kabin mobil. Umumnya yang kerap menghuni adalah nyamuk.

Selain nyamuk, lebah dan binatang kecil lain juga kerap menjadi momok. Laba-laba pun bisa saja masuk ke dalam mobil dan membuat 'kegaduhan'.

Seperti yang dialami pengendara mobil di Isle of Wight, Inggris. Dilansir Carscoops, pengendara mobil itu sampai menabrak gara-gara laba-laba.

 

Kepolisian Isle of Wight menuturkan bahwa pengemudi terdistraksi dengan keberadaan laba-laba di dalam mobilnya. Dia pun berusaha untuk mengeluarkan laba-laba itu. 

Sayangnya akibat dari hal tersebut, pengemudi itu menabrak tiang lampu dan mobil pun menghantam trotoar kecil.

Dari foto yang diunggah kepolisian setempat, bagian depan mobil ringsek. Kap mobil dan bumper rusak parah. Polisi mengatakan pengemudi mengalami luka ringan.

Polisi mengunggah kejadian itu ke media sosial untuk mengingatkan pengendara lain agar lebih berhati-hati saat mengemudi.

Sumber: Otosia.com   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.