Sukses

Menanti DNA Subaru Levorg pada Diri WRX, Akhir 2021?

Subaru terkenal dengan otot sporti pada tiap produk yang diciptakannya. Tak terkecuali pada Subaru Levorg yang bergaya estate, terlihat sangat sporti.

Liputan6.com, Jakarta Subaru terkenal dengan otot sporti pada tiap produk yang diciptakannya. Tak terkecuali pada Subaru Levorg yang bergaya estate, terlihat sangat sporti.

Bahkan dari satu model ke model lain akan punya DNA yang saling menguatkan. Bisa jadi yang ada pada Subaru Levorg yang baru bakal jadi landasan desain untuk penciptaan model WRX nantinya.

Terus terang Levorg menjadi alternatif pecinta Subaru yang menginginkan ekstra akomodasi dari tubuh sedan. Nama itu datang kali pertama pada 2014 khusus pasar Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu ia turut dikaryakan ke negara lain. Nah, baru-baru ini Subaru mengenalkan penerusnya dan konon dapat memberikan gambaran model WRX di masa mendatang.

Rupa penerus merupakan realisasi dari prototipe yang sempat meluncur sebelumnya. Mengikuti arahan prototipe trim standar, dipamerkan Oktober 2019, dan STI Sport Januari lalu. Secara perubahan desain sebenarnya cenderung evolusioner dari generasi pertama. Sekilas Subaru Levorg tidak berbeda jauh, bahkan bisa mengecoh bila disebut sebagai facelift. Ya, kalau ditilik lebih dalam lagi memang Subaru Levorg benar-benar baru.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudut Tajam

Tema serba tajam nan futuristis diaplikasikan ke fasad depan. Desain lampu dibuat sibuk berlekuk mengikuti pahatan bibir grille. Tak ketinggalan nuansa atletis mejeng lewat bukaan kanal udara bumper serta air scoop di bonnet.

Letak kemiripan utama sendiri berada di profil samping. Bentuk tubuh estate tidak diotak-atik terlalu mendalam sehingga sekilas identik. Baru terasa berbeda ketika memerhatikan kaca deret terakhir, seakan lebih panjang dan pipih dari generasi sebelum.

Walau tampak seperti revisi, rancangan luar menyembunyikan basis anyar Subaru Global Platform. Model pengganti menjanjikan kabin lebih lapang pula lantaran dimensinya mengembang. Dibanding pendahulu, ia memanjang 65 mm hingga mencatatkan 4.755 mm.

Wheelbase ikut bertambah 20 mm sehingga kini punya total 2.670 mm. Penyesuaian lain adalah area kargo 561 liter, torehkan ekstra volume 72 liter dari sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Mesin Boxer

Platform baru dibarengi pula oleh set pemacu termutakhir. Unit boxer empat silinder 1,8 liter turbo bersemayam di balik bonnet. Buncahan tenaga diklaim sampai 177 PS pada 5.200 rpm-5.600 rpm dibarengi torsi puncak 300 Nm sejak 1.600 rpm.

Penyaluran daya terlaksana ke empat roda melalui Lineartronic CVT – disebutkan sekitar 80 persen menganut part anyar.

Urusan teknologi dan fitur tak kalah seru, terpancar jelas ketika melirik kabin. Mata langsung tertuju ke layar superbesar 11,3 inci yang diposisikan berdiri di tengah dasbor. Layar infotainment ditemani instrument cluster 12,3 inci serta spion digital. Hal paling penting dari update teknologi Levorg sendiri adalah paket asistensi berkendara EyeSight. Di jepang sudah menjadi barang standar Levorg, termasuk sensor 360 derajat guna memudahkan pengoperasian. Sebagai tambahan, EyeSight X siapkan kemampuan otomatisasi berkendara Level 2.

Levorg sendiri punya hubungan dekat dengan kelanjutan WRX dan WRX STI. Dipercaya bahwa sang sedan performa Subaru bakal mewarisi gaya wagon. Meski begitu, detail lengkap masih diselimuti awan tebal. Terutama soal pemacu. Entah akan dibekali versi kencang dari unit boxer 1,8 liter turbo atau malah menganut pemacu 2,4 liter turbo milik Ascent.

Dapat diharapkan Subaru bekali WRX STI dengan tenaga lebih dari 405 PS dan torsi 490 Nm. Sebuah lonjakan besar memang dari angka 264 PS unit Ascent, apalagi dari jumlah ekstraksi Levorg. Konon dikawin girboks manual saja sementara WRX standar gendong opsi manual atau CVT.

 

 

4 dari 4 halaman

Rencana Line-up Subaru Hingga 2024

Rencana produk anyar Subaru sebenarnya sempat bocor lewat unggahan di media sosial. Di dalam presentasi internal disebutkan waktu produksi, bukan momen pengenalan produk. Tentu di dalamnya termasuk sedan legendaris mereka: Impreza.

Jika WRX dikenal sebagai improvisasi performa Impreza, tampaknya hal itu akan berubah. Dikabarkan WRX bakal dipisah sebagai model tersendiri, diproduksi lebih dulu pada kuartal ketiga 2021. Baru setelah itu, kemungkinan 2023, Impreza akan bersiap. Di samping sedan legendaris, mobil bertenaga listrik bakal ikut meramaikan. Turut pula datang beragam kelanjutan produk seperti BRZ, Forester, Outback, hingga Crosstrek anyar. 

Sumber: Oto.com (Krm/Tom) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.