Sukses

Kenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Penoramic Roof pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Banyak mobil keluaran terbaru saat ini dibekali beragam fitur canggih untuk menarik minat calon pembeli. Salah satu yang banyak diterapkan ialah sunroof, moonroof dan panoramic roof.

Sama-sama berada di bagian atap, ternyata terdapat perbedaan mencolok di antara ketiga fitur tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ulasannya seperti dilansir Hyundai Indonesia.

Jika dilihat dari sisi fungsi, ketiga perangkat tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni agar cahaya dan udara dapat keluar masuk selain melalui jendela yang terdapat di pintu mobil.

Lebih terkenal dibandingkan dua fitur lainnya, sunroof biasanya menggunakan bahan tempered glass ataupun plat yang dapat dibuka tutup dengan sistem electrik.

Memiliki sistem kerja berbeda dengan sunroof, perangkat moonroof akan membuka atap dengan masuk ke dalam mobil.

Sedangkan sunroof bekerja dengan cara membuka atap ke bagian atas kendaraan. Untuk bahan, keduanya sama-sama mengandalkan tempered glass dan plat.

2 dari 2 halaman

Panoramic Roof

Sangat berbeda dengan kedua perangkat sebelumnya, panoramic roof hanya merupakan lapisan kaca yang tidak dapat dibuka dan tutup.

Bila sunroof dan moonroof bisa dimanfaatkan sebagai sirkulasi udara, Panoramic roof biasanya hanya dimanfaatkan agar cahaya masuk ke kabin.