Sukses

Harley-Davidson Siapkan Mesin Baru, Ini Keunggulannya

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya model baru, gambar paten Harley-Davidson mengungkapkan adanya mesin yang tengah dikembangkan pabrikan motor asal Amerika Serikat tersebut.

Memiliki beragam keunggulan, generasi terbaru V-twin VVT (Variable Valve Timing) telah menggunakan pendingin udara.

Masih dalam tahap pengembangan, motor terbaru ini memiliki desain twin-cam yang digerakkan oleh gigi dari poros engkol, seperti dilansir Motorbeam, Rabu (29/7/2020).

Meski mirip dengan mesin yang sudah ada, sistem VVT dengan aktuator menjadi salah satu daya tarik. Walau belum mengajukan hak paten terkait VVT yang disematkan, Harley-Davidson mengaku telah menyiapkan bentuk penyeimbang crankshaft yang akan digerakkan oleh gigi perantara camshaft.

 

2 dari 4 halaman

Ducati

Sebelumnya, Ducati telah menyematkan DVT pada kendaraan mereka. Terdapat beberapa keuntungan, mesin pushrod dengan VVT dapat ditambahkan karena aktuator tunggal mampu memajukan atau memperlambat timing katup terkait intake dan knalpot.

Meski demikian, gambar paten mesin Harley-Davidson VVT menunjukkan pushrod tidak diletakkan bersamaan, namun hadir di setiap sisi mesin. Secara total terdapat empat pushrod.

 

3 dari 4 halaman

Sportster

Mesin VVT ini juga menunjukkan gigi yang diusung antara engkol, dua kali ukuran porosnya, sehingga mesin akan berputar ke arah yang berlawanan.

Tetapi, sproket rantai yang melekat pada gigi terlihat lebih kecil. Hal ini memungkinkan penyeimbang berputar pada kecepatan yang sama dengan engkol, meski ke arah berlawanan.

Meski belum ada keterangan resmi dimana mesin tersebut akan disematkan, Harley kabarnya akan menghadirkan motor baru di segmen Sportster.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: