Sukses

Tips Membawa Sepeda Menggunakan Mobil Penumpang

Liputan6.com, Jakarta - Bersepeda kini menjadi pilihan masyarakat untuk berolah raga. Tak hanya di sekitar rumah, bersepeda pun bisa dilakukan di mana saja.

Misalnya, bersepeda di sekitar jalur pedesaan atau di jalur pegunungan. Untuk sampai di tempat yang dituju, bisa jadi pesepeda mengendarai dari rumah atau membawanya terlebih dahulu menggunakan mobil ke titik kumpul.

Membawa sepeda menggunakan mobil tak melulu harus dengan mobil bak terbuka atau sejenis pick up. Mobil penumpang pun bisa dipakai untuk mengusung sepeda ke lokasi tujuan.

Di Atap atau di Belakang

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menggendong sepeda. Pertama diletakkan di atap mobil dan kedua digantung di belakang mobil.

Hanya saja, pemilik mobil perlu menambahkan bike rack di mobilnya. Dilansir dari Hyundai Indonesia, umumnya bike rack ada dua jenis, yakni hanger dan holded.

 

2 dari 4 halaman

Model Hanger

Jika menggunakan model hanger, maka sepeda bisa diletakkan di atas mobil dengan tambahan strap atau tali pengikat.

Tapi, cara ini sedikit merepotkan dan agak berbahaya jika membawa sepeda lebih dari satu. Pemilik mobil saat ini rata-rata memilih model holded

 

3 dari 4 halaman

Model Holded

Selain lebih mudah, bike rack holded ini bisa meminimalisir efek cedera pada bodi mobil. Model ini juga lebih aman karena sepeda memiliki dudukan yang rigid dan tidak mudah goyang.

Tentu saja, saat menggunakan kedua jenis bike rack itu, pemilik mobil tetap harus mengikat sepeda secara benar. Perhatikan jenis pengikat dan karet yang dipakai dalam kondisi bagus. Sehingga bisa melindungi sepeda dan mobil.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal beban yang tak berlebih dan kecepatan mobil. Sehingga tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, karena dimensi panjang serta bobot mobil bertambah.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: