Sukses

Asuransi Siap Ganti Baru Mobil yang Terbakar, Ini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian mobil terbakar kembali menyita perhatian publik, hal ini dikarenakan penyayi dangdut Via Vallen mengaku kendaraannya dibakar orang tak dikenal, Selasa (30/6/2020) dini hari.

Hangus terbakar, bagaimana cara asuransi melakukan perbaikan kendaraan. Mungkinkah mobil terbakar bisa diganti dengan unit baru?

Menanggapi pertanyaan itu, Marketing Communication & Public Relations Head Asuransi Astra Buana (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto menegaskan mobil akan diganti dengan unit baru apabila mengalami kerusakan lebih dari 75 persen.

"Asuransi kan janjinya mengembalikan kondisi mobil seperti sesaat sebelum kejadian. Kalau bisa diperbaiki ya perbaiki, kalau perlu ganti ya harus ganti," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (30/6/2020).

Meski demikian, Iwan menegaskan penggantian unit kendaraan akan berupa dana sesuai dengan nilai jual kendaraan yang berlaku saat ini. Hal ini akan memudahkan pemilik kendaraan untuk membeli kembali mobil yang diinginkan.

"Jika biaya perbaikan di atas 75 persen artinya total loss, maka akan diganti dalam bentuk dana. Bukan digantiin dalam bentuk mobil," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pengecekan Kendaraan

Namun, pemilik kendaraan harus melengkapi syarat-syarat yang telah ditetapkan, salah satunya keterangan dari pihak kepolisian terkait kecelakaan yang terjadi.

"Pasti perlu surat dan laporan polisi, serta adanya pengecekan di tempat kejadian yang menyatakan penyebab kebakaran itu apa. Semuanya harus jelas," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Mobil Mewah Via Vallen Dibakar, Pelaku Berhasil Ditangkap

Toyota Vellfire milik Via Vallen dibakar seseorang tak dikenal pada Selasa (30/6/2020) dini hari. Dikabarkan pelaku tersebut datang ke rumah Via Vallen sambil membawa bensin.

Entah apa motif si pelaku, namun yang pasti mobil mewah Via Vallen hangus terbakar. Melalui fitur Instagram Stories, diunggah pada hari yang sama, Via Vallen membagikan video mengenai kondisi mobilnya yang hangus.

Saking besarnya api yang membakar mobil mewah Via Vallen, pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk menghentikan kobaran api yang membesar.

Pada beberapa video terlihat langit masih gelap. Kontras dengan nyala api berwarna jingga yang membakar mobilnya.

"Ini tolong pemadam kebakaran cepat ke sini. Aku takut apinya ke rumah nyebar ke sebelah tetanggaku. Ini katanya tadi ada yang bakar," tutur Via Vallen dalam video yang diunggah ke Instagram Stories.

Mobil mewahnya itu diparkir di pinggir jalan, tak jauh dari rumahnya. Dia pun segera menghubungi polisi saat mengetahui mobilnya terbakar.

Via Vallen menduga ada orang yang sengaja membakar mobilnya lantaran kendaraan dalam kondisi mati. "Lihat ya polisi lagi jalan ke sini. Jadi siapapun kamu yang bakar tadi," kata Via Vallen. 

Saat matahari terbit, api yang membakar mobil Via Vallen pun padam. Hampir seluruh bagian mobil itu hangus. Begitu juga dengan tembok rumahnya yang berada di dekat mobil tersebut.