Sukses

Honda Siapkan Airbag yang Lebih Aman Bagi Pengendara Motor dan Pejalan Kaki

Mencoba meningkatkan sisi keamanan kendaraan, Honda secara resmi mematenkan sistem airbag eksternal. Hadirnya fiturnya terbaru ini diharapkan mampu mengurangi tingkat cedera pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta Mencoba meningkatkan sisi keamanan kendaraan, Honda secara resmi mematenkan sistem airbag eksternal. Hadirnya fitur terbaru ini, diharapkan mampu mengurangi tingkat cedera pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

Meski bukan ide baru di industri otomotif, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mendapat cukup banyak respon positif, seperti dilansir Visordown, Minggu (25/4/2020).

Dinilai lebih pintar, airbag eksternal ini mampu bekerja dengan baik di beberapa skenario kecelakaan. Dalam desain yang dijabarkan terlihat airbag akan bekerja saat kecelakaan terjadi secara otomatis.

Sistem yang disematkan pada mobil akan mencari potensi bahaya. Setelah ditemukan, sistem akan mengukur target, menentukan ukuran, bentuk, dan lokasi sehubungan dengan kendaraan.

Setelah data dikumpulkan, sistem akan mendaftar apakah targetnya kecil, sedang, atau besar. Untuk setiap skenario, sistem akan menggunakan airbag yang berbeda sesuai tekanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Airbag Akan Mendeteksi Target

Jika target besar terdeteksi, airbag terbesar akan menyala dan kap mobil akan naik sedikit dan bergerak mundur. Fitur ini dirancang untuk membantu menangkap korban dan tidak memantulkannya ke atap kendaraan.

Apabila korban kecelakaan memiliki postur lebih kecil atau anak-anak, airbag akan menyebar dengan tekanan lebih rendah dibandingkan sistem sebelumnya.

Hal ini dilakukan karena bobot anak-anak lebih ringan dan dapat dipantulkan dari mobil ke tanah dengan airbag bertekanan penuh.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini