Sukses

Mau Pelihara Moge, Intip Biaya Perawatannya

Perawatan berkala merupakan hal yang wajib dilalui oleh sepeda motor, baik moge maupun bukan. Dengan perawatan berkala, sepeda motor selalu berada dalam kondisi optimal.

Liputan6.com, Jakarta Perawatan berkala merupakan hal yang wajib dilalui oleh sepeda motor, baik moge maupun bukan. Dengan perawatan berkala, sepeda motor selalu berada dalam kondisi optimal.

Demikian juga dengan motor berkapasitas di atas 650 cc yang jarang digunakan sebagai kendaraan harian sehingga kondisinya tak terlalu prima.

"Kan memang kalau motor besar itu tidak keluar setiap hari, jadi kondisinya cenderung lebih cepat rusak daripada yang dipakai. Setahun belum tentu bisa 10.000 km," ujar Susandy Sumargo, pemiliki Bimmer Motorcycle Specialist, salah satu bengkel spesialis produk BMW Motorrad di Jakarta.

Ia pun menjelaskan bahwa salah satu perawatan wajib semua motor adalah tetap dipanaskan meski tidak digunakan. Lebih baik lagi jika diajak berkeliling agar suspensi dan semua sistem penggeraknya berfungsi dengan baik.

"Tentu servis rutin juga perlu ya. Kalau dari BMW Motorrad memang disarankan servis setelah 10-15 ribu km. Tapi kalau teman-teman biasanya 5 ribu km atau 2-3 bulan sekali," tambahnya.

Sandy menyebut biaya perawatan moge, dalam hal ini BMW R1200 GS tak sampai Rp2 juta per bulan. Secara rinci, oli mesin 4 liter sekitar Rp1 jutaan, filter oli, dan biaya servis.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umur Bukan Masalah, Pria 100 Tahun Ini Masih Hobi Geber Moge

Istilah hobi tidak mengenal umur, sepertinya sangat cocok disematkan kepada biker asal Amerika Serikat ini. Ya, Wymann Betts, adalah pria berumur 100 tahun yang sangat menyukai motor, dan masih menggunakannya hingga saat ini.

Melansir Rideapart, ia mulai mengendarai skuter untuk bepergian dari dan ke tempat kerja. Bahklan, Betts mulai mencintai motor lebih dari setengah abad, dan kabarnya, ia akan memimpin parade motor untuk gelaran Biker Bash di Amherst Nova Scotia, July 2020.

 

Di tengah kekhawatiran dari penyelenggara tentang kemampuannya mengendarai motor, namun ia mungkin masih menjadi pria tertua di Amerika Serikat yang masih mengendarai kuda besi. Bahkan, ketika ditanya apa rahasianya, pria ini hanya mengatakan tidak berpikir terlalu jauh ke depan.

Pria yang dijuluki Bun oleh teman-temannya, masih mengendarai sebuah motor gede (moge), yaitu Honda Gold Wing 2003, yang bobotnya bisa mencapai 800 pound atau 362,87 kg.

Dalam sebuah wawancara dengan CBC's Information Morning beberapa tahun lalu, Bun menyatakan bahwa ia tidak tumbuh dewasa, dan bahwa pola pikir ini telah membantunya mengatasi banyak tantangan hidup.

Agak ironis memang dengan pola pikir pria ini ditambah dengan terus hausnya akan adrenalin yang tak pernah terpuaskan, membantunya terus melakukan hal yang dia sukai. Bahkan, pria ini juga suka terbang, dan memiliki pesat Cessna 172 hingga ia berumur 80 tahun.

Terakhir, ternyata Bun juga tidak pernah minum alkohol dan merokok, jadi ia tetap bugar. Gas terus kek.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.