Sukses

Mengenal Perbedaan Mode Full dan Intermittent pada Wiper

Tuas wiper pada mobil bukan sekadar untuk menyalakan dan mematikan wiper saja. Terdapat beberapa mode yang bisa dipilih, misalkan saja model full dan intermittent.

Liputan6.com, Jakarta - Tuas wiper pada mobil bukan sekadar untuk menyalakan dan mematikan wiper saja. Terdapat beberapa mode yang bisa dipilih, misalkan saja model Full dan Intermittent.

Dilansir laman Hyundai Indonesia, umumnya mobil keluaran terbaru juga memiliki 4 mode untuk wiper. Pertama Mist, mode ini akan aktif ketika Anda menggeser tuas satu kali ke atas.

Mode Mist bisa dipakai ketika kondisi kaca depan mobil tertutup air tipis. Mode Mist hanya menyapu permukaan kaca satu kali. Mode Mist lebih baik dipakai saat kondisi hujan grimis dengan intensitas sangat rendah.

Mode INT

Mode kedua, Intermittent atau biasa diberi kode INT. Mode Intermittent berguna untuk intensitas hujan yang lebih tinggi ketimbang Mist. Kondisi hujan masih gerimis, namun belum deras.

Mode INT biasanya memberikan pilihan interval penyapuan kaca berkala. Sehingga pengemudi bisa mengatur jeda sapuan wiper. Pengaturannya mudah, cukup memutar bagian ujung dari tuas wiper untuk memilih interval. 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mode Full

Lalu ada mode Full yang terdiri dari dua pilihan. Yakni, LO dan HI. Jika mengaktifkan model Full LO, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan rendah.

Sedangkan jika mengaktifkan mode Full HI, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan kencang. Mode Full HI lebih cocok dipakai ketika hujan sangat deras. Dengan demikian, pengemudi bisa memakai wiper sesuai dengan kondisi hujan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.