Sukses

Jajal Honda Civic Hatchback RS, Ubahan Kosmetik atau Performa?

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan mobil perkotaan andalannya, new Honda Civic Hatchback RS. Dengan emblem road selling, mobil ini diklaim lebih sporty nan seksi, dengan berbagai ubahan di bagian eksterior dan interior.

Membuktikan hal tersebut, pabrikan berlambang huruf H ini mengajak beberapa media otomotif untuk mencoba ketangguhan Honda Civic Hatchback RS ini, termasuk Liputan6.com. Rute untuk menguji coba model berbanderol Rp499 juta ini juga cukup menarik, meskipun hanya melintasi jalur perkotaan, yaitu dari kawasan SCBD, Sudirman, menuju BSD, Tangerang Selatan.

Nah, mau tau seberapa bengis new Honda Civic Hatchback RS, mari kita ulas satu-persatu:

Eksterior

Sebelum membahas inti dari sebuah mobil, yaitu performa, kita bicara soal tampilan luar model ini terlebih dahulu. Pasalnya, versi facelift dari Honda Civic Hatchback RS ini, terletak di tampilan luar dan dalam, bukan mesin alias performa.

Jika dibilang lebih sport, Liputan6.com, setuju, pasalnya mobil ini mendapatkan tambahan aero kit untuk bumper depan, belakang, dan side sill garnis di bagian samping, dan juga penggunaan pelek alloy wheel berukuran 17 inci, dengan desain two-tone memang membuat tampilan mobil ini tambah sporty dan garang.

Sementara buritannya, bumper diffuser belakang baru dan desain knalpot ganda yang kini terletak di tengah, menjadikan mobil ini terkesan seperti mobil balap.

2 dari 4 halaman

Interior

Selanjutnya, menuju ke kabin. Kesan mewah sudah terasa ketika duduk di bangku pengemudi, dengan jok berbahan kulit, dan kini mendapatkan aksen jahitan berwarna merah khas mobil sport di jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah, door lining. Pada konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan Capacitive Touch Screen 7 inci dengan Smartphone Connection untuk Android dan iOS.

Fitur canggih lain yaitu Smart Key, yang berfungsi mengunci dan membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback RS juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera.

3 dari 4 halaman

Performa

Dalam kesempatan pertama, Liputan6.com langsung menjadi pengemudi, menyusuri jalan perkotaan dari SCBD menuju BSD, Tangerang Selatan. Melewati jalur dalam kota, dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat, mobil ini cukup enak diajak bermanuver dengan handling yang baik.

Tidak lupa, saat pertama duduk di bangku pengemudi, untuk mencari posisi yang pas tidak sulit. Pengaturan jok sudah elektrik, dan pengaturan setir yang sudah menggunakan tilt dan telescopic.

Performa kendaraan sudah mumpuni, dengan dukungan mesin berkapasitas 1,5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Dikawinkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology membuat mobil ini mampu menghembuskan tenaga maskimal 170 Tk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 219,6 Nm pada 5.500 rpm.

Saat melewati tol, karena kondisi lalu lintas yang tidak terlalu padat, pengemudi mendapatkan kesempatan menggeber dan meliuk-liuk melewati kendaraan satu dan lainnya dengan maksimal. Angka di speedometer sudah menyentuh 140 km/jam, dan tenaga masih tetap responsif tidak ada habisnya.

Kemungkinan besar, kecepatan bisa dipacu hingga 180 km/jam, namun karena pertimbangan keselamatan, mendapatkan kecepatan sebelumnya juga sudah cukup. Toh, kendaraan ini meskipun bergaya layaknya mobil balap, tetap diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari.

Terakhir, sektor kaki-kaki cukup rigid, dan belum terasa limbung ketika mobil dipacu hingga kecepatan 140 km/jam. Satu lagi, transmisi terdapat dua mode, yaitu D dan S.

Ketika tuas transmisi menggunakan posisi S, semburan tenaga memang lebih terasa, dengan perpindahan gigi menggunakan paddle shift. Dan bagi yang menggemari kecepatan, posisi S pada transmisi Honda Civic Hatchback RS ini sangat dianjurkan untuk digunakan, dan merasakan semburan tenaga dari bawah hingga atas.

4 dari 4 halaman

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatannya, model ini menggunakan rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin, Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Mobil ini juga dilengkapi enam airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter, dan ISOFIX. Honda Civic Hatchback juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal. Model ini telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Kekurangan:

Dengan desain knalpot yang baru, dengan dua lubang yang berada di tengah, layaknya sebuah mobil balap, namun suara deru mesin dari mobil ini masih kurang. Seharusnya, pihak pabrikan bisa membuat suara standar tanpa ubahan atau modifikasi dari Honda Civic Hatchback RS ini bisa lebih gahar.

Loading