Sukses

3 Keunggulan Yamaha NMax 2020 Dibanding Honda PCX

Yamaha NMax terbaru akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya dipastikan meramaikan segmen skutik premium, khususnya di kelas 150 cc. Sudah dapat dipastikan rival terbesarnya adalah Honda PCX.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha NMax terbaru akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya dipastikan meramaikan segmen skutik premium, khususnya di kelas 150 cc. Sudah dapat dipastikan rival terbesarnya adalah Honda PCX.

Melalui ubahan yang didapat, membuat skutik kelas 150 cc milik Yamaha lebih unggul dari rivalnya. Apa saja keunggulan All New NMax dibanding Honda PCX?

1. Fitur

Ada dua tipe yang ditawarkan, Standard dan  Connected/ABS. Beda dari versi sebelumnya, varian tertingginya punya fitur canggih yang bisa terhubung ke smartphone.

NMax generasi terbaru, punya fitur canggih. Khususnya pada pengembangan teknologi yang dianut. Kini sudah dibekali teknologi konektivitas. Konsep ini yang pertama di Indonesia (untuk motor buatan Indonesia). Diwujudkan melalui Teknologi Comunication Control Unit (CCU), yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Di dalam aplikasi, terdapat yang namanya parking location. Pengguna bisa langsung mengetahui lokasi motor dengan mudah, tinggal dimonitor lewat gawai. Ada juga notifikasi panggilan, email dan pesan yang dapat terlihat di layar spidometer. Lalu ada Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery). Membantu pemiliknya mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu), serta memberikan informasi kalau motor sudah masuk masa perawatan. Kemudian, Fuel Consumption yang membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. Selanjutnya Malfunction Notification. Jika terjadi kesalahan pada motor, konsumen mendapat notifikasi melalui email yang telah didaftarkan. Si PCX belum punya teknologi semacam itu.

Terdapat fitur Handlebar Switch Control, posisinya seperti penempatan lampu dim, ada di kiri stang. Memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan setting spidometer. Skutik premium Honda tidak memiliki fitur itu. Tombol pengaturnya pun masih di dekat panel instrumen.

Keduanya sudah dilengkapi anti-lock braking system (ABS). Hanya saja, ABS milik skutik Garputala lebih mumpuni, lantaran tersedia dalam dua channel di roda depan dan belakang. Sedangkan skutik Honda cuma punya ABS satu channel di roda depan.

NMax baru punya fitur Traction Control System (TCS). Itu membuat skutik kelas 150 cc yang pertama mengaplikasi fitur antiselip. Lagi-lagi Honda harus mengalah dengan teknologi yang dimiliki All New Nmax.

Pada edisi baru Yamaha NMax, tipe terendah pun sudah pakai rear sub tank suspension. Tampilan makin sporty, karakter suspensi seperti itu memberikan kompresi yang baik. Sementara lawannya masih dual shock konvensional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mesin

Mesin NMax baru makin bertenaga. Kubikasi 155 cc satu silinder, SOHC, berpendingin cairan dengan VVA, dapat racikan anyar. Membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Tenaga dan torsi pun terjaga di setiap putaran mesin. Bahkan tenaganya lebih powerfull ketimbang generasi sebelumnya. Ada kenaikan tenaga 0,3 hp. Sekarang power maksimalnya mencapai 15,1 Tk / 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm.

Honda PCX tak berkutik di sektor ini. Secara data pabrikan, tenaganya di bawah All New NMax. Daya yang mampu diembuskan cuma 14,6 Tk / 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm / 6.500 rpm.

3. Desain

Bicara desain memang tergantung selera. Buat Anda yang berjiwa sporty, bisalah pilih NMax. Bila ingin penampilan yang stylish, PCX lebih pas. Untuk diketahui, model baru Nmax sudah dibekali LED Head & Tail Light. Desain lampu depan dan belakang mewarisi DNA Maxi Series. Memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi dan tahan lama.

Tapi buat bahan pertimbangan, ruang kaki NMax lebih luas. Karena menganut relax riding position. Memungkinkan posisi kaki sedikit selonjor, jadi lebih nyaman dibuat jalan jauh. Posisi stang skutik Yamaha juga lebih tinggi dibanding stang fatbar PCX.

Urusan roda, skutik premium Yamaha lebih besar dan lebar. Ban depan berukuran 110/70-13 dan ban belakang 130/70-13. Bikin motor lebih stabil saat bermanuver. Pesaingnya, pakai ukuran 100/80-14 depan dan 120/70-14 belakang.

 

3 dari 3 halaman

Simpulan

Dibekali beragam fitur canggih, menjadikan All New Nmax sekarang berada di atas Honda PCX. Namun, pihak Yamaha Indonesia belum mengumumkan harga resminya. Bocorannya sekitar Rp 30 jutaan. Tapi, jika dibanderol lebih mahal dari varian PCX ABS pun, NMax tetap lebih baik, berkat keunggulan yang dimilikinya. Sebagai informasi, skutik premium Honda tipe ABS dijual Rp 31,6 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.