Sukses

Baru Meluncur, Harga Mitsubishi Xpander Cross Naik Bulan Depan?

Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta bakal resmi naik, dari 10 persen menjadi 12,5 persen, mulai 11 Desember 2019

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan tarif BBN-KB bakal memengaruhi harga jual kendaraan, dan tidak terkecuali model baru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander Cross.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta bakal resmi naik, dari 10 persen menjadi 12,5 persen, mulai 11 Desember 2019. Berdasarkan salinan Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBN-KB, penyesuaian ini untuk mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor dan mengatasi kemacetan lalu lintas.

"Kalau Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi) kan sudah 12,5 persen. Harga ini (Xpander Cross) sudah diperhitungkan dengan 12,5 persen. Tapi gini, harga sampai Desember, karena biasanya ada adjustment harga baik karena kenaikan BBN dan lainnya," jelas Imam Choeru Cahya selaku Executive General Manager Sales & Marketing Division PT MMKSI, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Namun, untuk besaran kenaikan harga pasca resminya tarif BBN-KB yang baru, pria ramah ini belum bisa memberikan informasi dengan detail. Tapi yang pasti, kenaikan sesuai dengan tarif baru, yaitu sekitar 2,5 persen.

"Untuk varian lain, karena NJKB beda-beda pasti kenaikannya juga beda. Tapi, tidak terlalu signifikan untuk BBN," tegasnya.

Sementara itu, dengan kenaikan BBN-KB ini, sepertinya tidak akan memengaruhi penjualan secara signifikan. Pasalnya, sosialisasi terkait kenaikan BBN-KB ini sudah cukup lama dilakukan pemerintah, dan bahkan wilayah Botabek sudah 12,5 persen.

"Efeknya tidak terlalu signifikan, karena kenaikan harga tidak besar, dan konsumen sudah mengerti karena peraturan pemerintah," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Xpander Crossover

Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian, yaitu Leather Seat Premium Package A/T, A/T, dan M/T dengan pilihan warna Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic. Berikut rincian varian dan harganya:

1. Leather Seat Premium Package A/T Rp 286.700.000

2. A/T Rp 277.700.000

3. M/T Rp 267.700.000

Harga di atas berstatus on the road Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.