Sukses

Mercedes-Benz EQV, MPV Listrik Mewah Pertama di Dunia

Mercedes-Benz menunjukkan komitmennya dalam pengembangan mobil listrik melalui Mercedes-Benz EQV. Versi konsep EQV pernah dipamerkan pada Geneva Motor Show Maret lalu.

Liputan6.com, Jakarta Mercedes-Benz menunjukkan komitmennya dalam pengembangan mobil listrik melalui Mercedes-Benz EQV. Versi konsep EQV pernah dipamerkan pada Geneva Motor Show Maret lalu.

Kini, produk pengangkut orang itu sudah siap diproduksi massal. Mercedes-Benz menjanjikan pengalaman berkendara tanpa emisi. EQV juga diklaim menawarkan rasa berkendara yang hebat.

EQV punya penampilan yang mirip versi konsepnya. Bentuknya bak MPV boxy yang kerap dilayangkan oleh pabrikan Jepang. Tapi desainnya lebih modern, dengan sentuhan khas Mercedes-Benz. Proporsi bodinya yang panjang, atap dan moncong depan tempat mesin, terlihat pas. Rumah lampu depan besar dan ada lampu siang hari LED di dalamnya. Diapit di tengah lampu utama, grille yang cukup besar. Bilah-bilah dan tepian grille dilabur kromium. Pelek EQV menggunakan desain berbeda dari versi konsep. Kaca samping dan belakang sangat besar. Sedang di atap bisa dijumpai roof rail.

Kabin jadi bagian yang disoroti sebagai MPV. Manufaktur menawarkan enam kursi individual. Beruntung posisi baterai ditempatkan di bawah lantai kabin. Alhasil, kabin jadi lebih fleksibel. Dengan itu, beragam konfigurasi kursi tersedia. Bahkan sampai bisa mengangkut delapan orang sekaligus. Kabin didominasi warna gelap, dengan kulit membungkus jok dan trim. Susunan dasbor mirip dengan versi konsep, menampilkan layar 12,3 inci di tengah. Meski tak sebesar yang dipakai produk lain, sistem operasi yang digunakan sudah MBUX. Sistem itu mendukung perintah suara dan memungkinkan pengguna mengatur sejumlah fitur dalam kabin.

Mercedes-Benz EQV dilengkapi baterai lithium-ion 90 kWh. Penggerak motor diposisikan di depan dengan daya 201 Tk dan kecepatan puncak 160 km/jam. Bekal baterai itu diklaim bisa membawa EQV menjelajah sampai 405 km dalam pengisian penuh. Untuk mengisi ulang baterai, ada charger 11 kW yang sudah mendukung fast charging DC hingga 110 kW. Klaimnya, kurang dari 45 menit untuk mengisi baterai dari 10 menjadi 80 persen. Colokan standar rumahan juga bisa digunakan untuk mengisi baterai. Begitu juga stasiun pengisian umum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MPV Listrik Premium Pertama di Dunia

Informasi detail lain belum dirilis. Kata pihak Mercedes-Benz, produksi dari EQV terintegrasi sepenuhnya dengan operasi produksi V-Class dan Vito di pabrik Vitoria, Spanyol. Kabarnya, debut publik dunia Mercedes-Benz EQV, pada Frankfurt Motor Show September mendatang. Bersamaan dengan itu, informasi detail, spesifikasi dan harga bakal ikut diungkap.

Mercedes-Benz EQV jadi produk yang sangat menarik, lantaran menawarkan kenyamanan dan praktikalitas MPV dengan elektrifikasi. Klaim sebagai yang pertama di dunia, benar adanya. Produk merek lain ada, tapi masih plug-in hybrid. Bahkan Tesla dan Volkswagen saja belum punya kendaraan sejenis. Sedang Nissan e-NV200, dianggap sebagai mobil listrik van yang khusus untuk kendaraan niaga, bukan buat MPV keluarga, dan yang pasti tidak mewah seperti EQV.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.