Sukses

Mau Bongkar Pasang Ban Sendiri, Gear Dilarang Netral

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki mobil, menguasai cara melepas dan memasang ban adalah sebuah keharusan. Misalkan ban kempis atau bocor, lalu harus diganti. Mau tak mau harus mengganti sendiri jika tak ada pertolongan.

Jika tak mengetahui caranya, bisa saja melakukan aktivitas mengganti ban sangat merepotkan. Maka itu, para pemilik mobil setidaknya memiliki pengetahuan dasar tenang mengganti ban mobil.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Andrian, langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan peralatan seperti kunci-kunci. Setelahnya, mulailah melonggarkan sebagian baut.

Lalu, pasang dongkrak di bagian kolong mobil. Pastikan meletakkan dongkrak pada dudukan sasis. Biasanya sejajar dengan rumah ban. Jika sudah, baru buka seluruh baut sampai ban bisa dilepas.

"Pastikan juga kondisi gigi (transmisi) masuk, karena kalau tidak, akan sulit ketika akan membuka karena rodanya tidak terkunci," kata Deni.

2 dari 3 halaman

Masukkan Secara Menyilang

Lalu ketika akan memasang ban lagi, masukkan baut secara menyilang setelah ban terpasang agar ban terkunci. Kencangkan baut menggunakan tangan.

Jika sudah, turunkan dongkrak dan kencangkan semua baut pada pelek menggunakan kunci sampai benar-benar kencang.

"Begitu langkah sederhananya. Langkah itu akan mempermudah saat melepas dan memasang kembali ban," tandas Deni.

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: