Sukses

Khusus Pehobi, Ini Deretan Fitur Suzuki Jimny untuk Libas Jalur Offroad

Liputan6.com, Jakarta - Mobil offroad legendaris Suzuki Jimny resmi melantai di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Model yang telah lama ditunggu para pecinta otomotif ini dibanderol mulai dari Rp315,5 juta hingga Rp330 juta on the road (OTR) Jakarta.

Hadir untuk para pecinta offroad profesional, Suzuki Jimny dipersenjatai dengan mesin yang lebih bertenaga dengan berbagai fitur unggulan. Selain performa, semuanya juga mendukung mobil ini mengarungi berbagai kontur jalan tanpa mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

"Sebagai kendaraan compact off road satu-satunya di Indonesia, Jimny kami bekali dengan berbagai fitur orisinal, salah satunya adalah All Grip Pro. Fitur ini dapat memuaskan para profesional yang membutuhkan performa mengemudi dengan respons cepat serta bermanuver di medan yang sulit," ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS, Senin (22/7/2019).

Suzuki Jimny memiliki dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm yang dirancang secara kompak, kokoh, dan siap melewati berbagai kontur jalan. Tak hanya itu, manuver lincah Suzuki Jimny didukung approach angle sebesar 37 derajat, ramp breakover 28 derajat, dan departure angle sebesar 49 derajat di bagian roda yang menentukan tingkat kecuraman medan yang bisa dilalui tanpa mengenai bumper atau under body.

Jantung penggeraknya, Suzuki Jimny dipersenjatai mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.462 cc. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 100 Tk pada 6.000 rpm, dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil dilengkapi suspensi 3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring baik untuk sisi depan maupun belakang. Sebagai mobil offroad, Suzuki Jimny tentu saja didukung sistem penggerak empat roda, yang dilengkapi dengan fitur All Grip Pro 4WD. Fitur ini membuat pengemudi bebas memilih mode berkendara, yaitu 2H di kecepatan dan jalan normal (aspal / kerikil kering), 4H untuk di jalanoff road, dan 4L untuk berkendara di bebatuan kasar, lumpur, dan medan yang lebihekstrem.

2 dari 3 halaman

Perkuat Citra Offroad

Untuk menguatkan citra mobil offroad, Suzuki Jimny disematkan beberapa fitur menarik. Dari sisi eksterior terdapat iconic front grille,LED projector headlamps serta dilengkapi Leveling Feature untuk pengaturan tinggi-rendah pencahayaan.

Tak hanya itu, terdapat pula headlamps washer untuk membersihkan lampu dari cipratan lumpur atau kotoran serta foglamp yang akan membantu pencahayaan di jalanan berkabut atau hujan.

Hadirnya scratch-resistance bumper with wheel arch extension disebut mampu melindungi bodi mobil dari gesekan atau serpihan batu, high mount stop lamp berfungsi memberikan tanda saat mobil melakukan pengereman sebagai fitur keselamatan.

Terdapat pula rear defogger untuk mengurangi kabut atau embun pada kaca belakang, black painted outside mirror (electrically adjustable and foldable) yang berfungsi untuk mengatur dan melipat kaca spion, drip rails untuk menghindarkan masuknya air ke kabin saat menutup dan membuka pintu serta dark metallic gray alloy wheel berukuran 195/80 R15.

Masuk ke dalam kabin terdapat ride-in assist grip, head unit 6,8 inci yang dilengkapi dengan fitur USB, Bluetooth, dan smartphone connection. Terdapat pula AC auto climate with heater, panel control desain yang berfungsi untuk mengatur kaca, mengaktifkan fungsi ESP (Electric Stability Program) serta HDC (Hill Descent Control). Switch audio control with Bluetooth phone connection disebut mampu memudahkan kontrol audio dan menerima panggilan saat berkendara, steering wheel with leather cover, cruise control untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstan tanpa harus menginjak pedal gas yang akan aktif pada kecepatan di atas 40 km/jam.

Dari sisi keselamatan terdapat dual SRS airbags, TECT body, brake LSD traction control, Electronic Stability Program (ESP), Antilock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA), Hill Hold Control (HHC), Hill Descent Control (HDC) dan ISOFIX.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mesin Sama, Ini Penyebab Tenaga Suzuki Jimny Lebih Kecil Dibanding Ertiga
Artikel Selanjutnya
Intip Harga Aksesori Jimny di GIIAS 2019