Sukses

Mirip Ducati Monster, Motor Ini Dibanderol Rp70 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Jakarta Fair Kemayoran rupanya menghadirkan beragam motor baru. Salah satunya adalah SM Sport RZ3S yang didatangkan PT MForce Indonesia, APM dari SYM dan SM Sport ke Tanah Air.

RZ3S, motor bergaya naked yang mirip Ducati Monster. Menggunakan rangka tubular atau teralis. Berkelir merah menyerupai ciri khas motor asal Itali.

Menggendong mesin serupa dengan dua motor lainnya. SM Sport RX3S dan SM Sport RE3. Berkubikasi 380 cc, double Cylinder, 4-tak, 4-valve, berpendingin air (water Cooling). Memiliki ukuran bore x stroke sebesar (66x55.2)x2. Sistem penyaluran bahan bakarnya sudah menggunakan teknologi injeksi, dengan kompresi mesin 10:1.

Tenaga maksimum sebesar 36 Tk pada putaran 9.000 rpm. Torsinya sebesar 35 Nm pada 6.500 rpm. Kecepatan puncak yang diraih SM Sport RZ3S, mencapai 137 km/jam. Dilengkapi gigi percepatan 6-speed. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 20 liter.

 

2 dari 3 halaman

Dimensi

Dimensinya lebih pendek dibanding RE3. Panjang 2.000mm, lebar 825 mm dan tinggi 1065 mm. Jarak sumbu roda 1.345 mm. Tinggi jok 780 mm depan dan 960 mm untuk boncenger. Bobot motor ini sendiri mencapai 190 kg.

Beda dengan RE3, motor Ducati ala-ala ini pakai pelek racing atau cast wheel. Ukuran si kulit bundar cukup lebar dan besar, ciri khas dari naked bike. Depan menggunakan 110/70-17 dan 150/60-17 belakang. Berbeda dengan saudaranya, rem depan sudah double disc opsional ABS. Atau dengan kata lain tergantung permintaan. Memakai suspensi depan upside-down, menjaga handling motor tetap nyaman.

Uniknya, model knalpot atau silincer, menggunakan model dual muffler. Wujudnya bertumpuk atas dan bawah. Persis punya si “Monster”.

Speedometer motor mengaplikasi model full digital. Sayangnya, saat tim oto.com sambangi, motor dalam keadaan mati. Jadi tidak bisa lihat bagaimana nyalanya semua panel instrumen. Lampu depan menggunakan model bulat dengan LED . Begitupun dengan lampu belakangnya yang sudah full LED.

 

3 dari 3 halaman

Aura Naked Bike

Saat motor dipamerkan, banyak orang penasaran. Begitu kami coba  duduk di atas motor ini, aura naked bike langsung terasa. Setang berprofil lebar ditambah jarak tangki memanjang, membuat posisi badan sedikit membungkuk. Proporsinya sepertinya menjanjikan pengendaraan yang tetap nyaman walau digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Siapapun pasti tertarik untuk melihatnya. Karena motor ini memiliki keunikan tersendiri layaknya Moge impian para bikers. Belum lagi harganya yang terjangkau. Dibanderol Rp70 jutaan (OTR) Jakarta. Unit siap pada Oktober mendatang. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Fantastis, Biaya Servis Rutin Bugatti Veyron Mencapai Rp1,4 Miliar
Artikel Selanjutnya
3 Keunggulan Yamaha NMax 2020 Dibanding Honda PCX