Sukses

Sadis, Harga Mobil Klasik Aston Martin Ini Nyaris Rp10 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Aston Martin. Bukan resmi dari pihak mereka, melainkan datang dari seorang kolektor yang menjual Aston Martin V8 Zagato.

Aston Martin V8 Zagato ini diproduksi 1986, dan memiliki bentuk serta spesifikasi khusus. Unitnya ditampung dan dipasarkan oleh Pendine Historic Cars. Yang merupakan sebuah diler spesialis mobil klasik di Bicester Heritagedealer, Inggris. Sesuai namanya, mobil ini tidak biasa. Karena dirancang oleh rumah desain Zagato, dan statusnya sebagai prototipe.

Sasis berkode 20011 ini hanyalah satu dari tiga unit prototipe yang dibuat. Juga merupakan salah satu, dari dua mobil yang memiliki kemudi di sebelah kanan. Spesifikasinya agak berbeda dengan versi produksi. Sebagai informasi, versi massal dibuat sebanyak 50 unit di seluruh dunia. Ya, versi produksinya saja sudah bisa dibilang langka. Apalagi yang prototipe. Apa saja yang membedakan?

"Mobil bernomor sasis 20011, adalah salah satu Aston Martin V8 Zagato terbaik yang pernah dibuat. Menurut pemilik sebelumnya, rasa mengemudi dan performanya sangat berbeda dengan versi produksi. Ia jauh lebih cepat dan memiliki aksesori khusus,” kata James Mitchell, pemilik Pendine Historic Cars.

Di atas kertas, catatan tenaganya memang sangat impresif. 0-100kpj sanggup diselesaikan dalam waktu kurang dari lima detik. Kecepatan maksimumnya juga mencapai 305kpj. Praktis, pada masanya, ia menjadi Aston Martin tercepat yang pernah ada. Semua itu berasal dari mesin yang mampu melontarkan tenaga sebesar 437PS. Inilah salah satu yang membuatnya spesial.

 

2 dari 3 halaman

Harga

Hanya ada empat mobil yang memiliki output segitu. Begitupun roll-bar. Peranti pengaman kabin ini hanya dipasangkan di dua mobil prototipe saja. Sebelumnya, kondisi mobil sangat mengenaskan. Namun di era 2009-2013, restorasi besar-besaran dilakukan oleh Auto Restoration Pebble Beach di Selandia Baru. Prosesinya di bawah supervisi ketat para spesialis. Hasilnya, mobil sangat sesuai spesifikasi asli dan dalam kondisi nyaris sempurna.

Selain unitnya langka, kesempatan untuk membelinya pun jarang terjadi. Sang pemilik telah memeliharanya sejak 20 tahun lalu. Dan baru mau menjualnya sekarang, tepat di hari peringatan Zagato yang ke-100. Bagi pecinta Aston Martin, atau Zagato, mobil ini sangat layak dikoleksi. Performa tinggi, spesifikasi khusus dan keterbatasan unit menjadi alasannya. Begitupun hasil restorasi yang hampir sempurna dengan finishing kelir “Gladiator Red”. Untuk memboyongnya, sang pemilik melalui diler tadi menawarkan harga yang cukup tinggi, £ 530.000. Yap, jika dirupiahkan sekitar Rp 9,65 Miliar!

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Suami Soimah Koleksi Mobil Modifikasi Keluaran Amerika
Artikel Selanjutnya
Ini Bocoran Harga dan Penampakan Aston Martin DBX