Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Mengetahui Perbedaan Transmisi Otomatis Biasa dengan CVT, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Transmisi otomatis untuk sebuah kendaraan terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang biasa atau konvensional dan continuous variable transmission (CVT). Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, namun keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti disitat dari laman resmi Auto2000, baik transmisi otomatis maupun CVT memiliki perbedaan yang mendasar, terutama dari sistem atau mekanikal kerja.

Dijelaskan Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, dari komponen kurang lebih sama antara matik konvensional dengan CVT. Tetapi jika dilihat dari cara kerja antar keduanya jelas memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Deni menjelaskan apabila pada matik konvensional perpindahan transmisi digerakkan oleh seperangkat planetary gear set yang menghasilkan rasio gigi yang berbeda.

Sementara pada CVT, proses perpindahan transmisi dihasilkan oleh perubahan diameter puli karena gaya sentrifugal.

"Perbedaan yang paling mendasar mengenai cara kerja dari keduanya saja. Sudah bisa dibedakan mana yang matik konvensional dan CVT," kata Deni belum lama ini di Jakarta.

2 dari 3 halaman

Sistem Kerja CVT

Selanjutnya, untuk transmisi jenis CVT dijelaskan oleh Deni, digerakkan oleh dua buah puli yang terhubung oleh sabuk baja atau belt. Keberadaan sabuk baja ini yang membuat akselerasi pada matic CVT terasa halus dan tanpa sentakan.

"Sebenarnya kalau untuk hasil dan perawatan plus-minus. Tetapi sekarang ini lebih banyak mobil matik yang sudah menggunakan atau mengadopsi matik jenis CVT,” ungkap Deni.

Khusus pengguna mobil Toyota, apabila mengalami masalah pada transmisi matik bisa langsung datang ke bengkel resmi Auto2000 terdekat. Sebab, seluruh teknisi sudah diberikan pelatihan mengenai segala hal yang sifatnya teknis.

"Jadi kalau ada yang bermasalah pada matik atau CVT langsung saja dibawa ke bengkel resmi Auto2000, karena akan langsung ditangani dan dijamin konsumen merasa puas dengan pelayanan yang telah kami berikan," pungkas Deni.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter