Sukses

Dukung Tilang Elektronik, Tambahan 12 CCTV Bakal Terpasang di Sudirman-Thamrin

Dukung tilang elektronik, bakal ada sebanyak 12 unit kamera CCTV yang bakal dipasang

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah kamera pengawas aatau CCTV. Tambahan ini, bakal dilakukan di kawasan Sudirman-Thamrin.

Sosialisasi dengan pengendara ini dilakukan agar para pengendara paham dan bisa terus meningkatkan tertib lalu lintas. Ada sebanyak 12 unit kamera yang akan dipasang.

"Bulan depan (akan dipasang). Nanti tanggalnya akan sesuai kesepakatan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, di kawasan Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dilansir laman resmi NTMC Polri, Jumat (26/4/2019).

Perlu diketahui, 12 kamera tambahan yang dipasang guna menunjang program ETLE ini adalah kamera canggih yang sebelumnya pernah disinggung Yusuf juga.

Dimana kamera itu nantinya bisa merekam pengendara yang kecepatannya berlebih, pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman, serta pengendara yang hilang konsentrasinya, karena memainkan telepon genggam.

Sehingga, penindakan tidak hanya pada pengendara yang menerobos lampu merah dan melanggar marka jalan saja, seperti yang dilakukan kamera sekarang ini.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun demikian, keberadaan kamera akan dipasang dimana tak dirinci karena bila dibeberkan para pengendara hanya akan tertib di titik yang dipasang kamera saja.

Padahal tujuan program ini adalah untuk membuat pengendara tertib berlalu lintas dimana saja. Yusuf menambahkan penambahan kamera ini juga berkat bantuan Pemprov DKI Jakarta yang membantu pengadaan kamera.

Terakhir dia menyebut akan bekerja sama dengan Dinas Perhuhungan dan Transportasi DKI Jakarta terkait pemasangan perluasan ETLE di kawasan Sudirman-Thamrin. Sebab diketahui selama diterapkan program ETLE ada di kawasan simpang Sarinah dan Simpang Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda Indosat.

“Nanti akan disiapkan oleh Dishub akan ada rambu-rambu oleh Dishub anda memasuki kawasan jalur yang dilengkapi kamera ETLE ada itu di beberapa tempat yang sudah disiapkan,” ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.