Sukses

Operasikan Armada Taksi Listrik, BlueBird Bertekad Birukan Langit Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, pasar otomotif nasional kedatangan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan lewat peluncuran Toyota CH-R hybrid dan peresmian armada taksi listrik BlueBird yang menggunakan BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T.

Presiden Direktur Blue Bird Group Holding Noni Purnomo mengatakan, menjaga kelestarian lingkungan merupakan bagian dari visi misi perusahaan berlambang burung tersebut. Tidak semata-mata mengejar profit, BlueBird pun bertekad birukan langit Jakarta dengan membuat program khusus.

Menggandeng World Wide Fund for Nature does (WWF) dan Jagha Bumi, BlueBird menghadirkan program One Ride One Seed.

Setiap satu penumpang dari kendaraan listrik Bluebird dan Silverbird turut berkontribusi dalam penanaman satu pohon di are aliran sungai Ciliwung dan area tengah Jakarta.

"Program One Ride One Seed ini akan diselenggarakan mulai Juni 2019 dengan target lebih dari 2000 pohon tertanam," ujar Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sekadar informasi, peluncuran e-Taxi BlueBird dihadiri oleh Manteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

e-Taxi BlueBird akan mulai beroperasi per Mei 2019. BlueBird akan menggunakan 25 BYD e6 A/T dan empat (4) Tesla Model X 75D A/T sebagai armada taksinya. Rencananya, angka armada taksi listrik BlueBird ini akan bertambah hingga 200 unit pada 2020 mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dengan pengoperasian armada taksi listrik yang mencapai 200 unit pada 2020 mendatang, BlueBird akan menghilangkan 434.095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.

BlueBird juga berencana menambah armada sebanyak 2000 unit pada 2020-2025 mendatang. Diharapkan dengan jumlah tersebut dapat memangkas 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.