Sukses

Kerusakan Speedometer Bisa Terdeteksi dengan Mudah

Speedometer bukan sekedar alat pengukur kecepatan. Namun juga menjadi alat pemberi sinyal keselamatan saat berkendara.

Liputan6.com, Jakarta Speedometer bukan sekedar alat pengukur kecepatan. Namun juga menjadi alat pemberi sinyal keselamatan saat berkendara.

Kini speedometer sepeda motor telah dilengkapi fitur-fitur yang lebih modern. Jika terjadi sesuatu dengan komponennya, jelas fitur-fitur yang ada juga akan terimbas.

Karenanya, pemilik sepeda motor perlu tahu penyebab kerusakan speedometer. Menurut Honda Cengkareng, speedometer yang rusak disebabkan oleh beberapa hal:

1. Kabel Putus

Kabel speedometer bisa putus karena kabel tertekuk atau tertarik. Selain itu juga karena karat pada kabel akibat kemasukan air saat mencuci motor atau melewati genangan air. Bisa juga, kabel putus karena memang sudah waktunya ganti. 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gearbox Rusak

Fungsi gearbox untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke roda. Kerusakan gearbox biasanya karena pemasangan yang kurang pas, gearbox pecah, atau gearbox aus. Jika gigi dalam gearbox sudah aus maka harus segera diganti. 

3. Speedometer Rusak

Selain dua hal di atas, tak berfungsinya speedometer bisa karena memang kerusakan speedometer itu sendiri. Biasanya karena pecah, jarum macet, atau per patah.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.