Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Cara Aman Parkir Kendaraan Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Saat hujan, salah satu yang cukup menghambat aktivitas dan bikin perasaan was-was adalah soal parkiran kendaraan. Selain cukup sulit mencarinya, terkait keamanan kendaraan juga jadi perhatian ketika lokasi parkiran ada di ruang terbuka.

Sebagai pemilik kendaran bermotor, baik itu mobil atau motor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hujan turun. Agar kendaraan aman dan bebas dari kerusakan akibat parkir, perhatikan cara parkir kendaraan.

Seperti apa tips cari parkirannya? Berikut cara aman mencari parkiran kendaraan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Parkir di Dekat atau Disandarkan pada Tiang Listrik

Saat hujan deras disertai angin kencang, tiang listrik juga menjadi salah satu yang rawan ambruk. Sehingga sangat disarankan bila jangan sampai memarkir kendaraan Anda dekat atau bahkan menempelkannya pada tiang listrik.

Jika kebetulan sedang memarkir kendaraan dekat tiang listrik, saat hujan mulai turun atau bahkan langit sedang mendung saja, segera pindahkan kendaraan Anda. Dengan demikian, kendaraan Anda tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Parkir di Dekat atau Disandarkan pada Tembok

Tembok, meskipun terlihat kokoh, juga berpotensi ambruk jika diterpa hujan deras dan angin kencang. Ini terjadi terutama pada konstruksi tembok yang sudah lama sehingga lebih rapuh.

Jika gedung atau area tempat Anda parkir merupakan bangunan lama, lebih baik antisipasi dengan tidak parkir di titik yang dekat dengan tembok guna meminimalisir risiko kendaraan tertimpa tembok. Jangan sampai juga menyandarkan kendaraan pada tembok.

3. Jangan Parkir di Bawah atau Disandarkan pada Papan Reklame

Papan reklame (billboard) juga berpotensi ambruk saat hujan deras yang diiringi angin kencang. Memarkir mobil atau motor di bawah billboard dalam kondisi ini juga merupakan suatu kesalahan.

Kendati terlihat kokoh, tetap saja potensi billboard ambruk atau roboh tetap ada. Terlebih jika ternyata konstruksi papan reklame tersebut sebenarnya sudah agak rapuh.

Lebih baik hindari memarkir mobil di bawah billboard saat hujan deras. Kalau sudah terlanjur, segera pindahkan kendaraan ke tempat yang lebih aman.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Parkir di Bawah atau Disandarkan pada Pohon

Tentu bukan hal yang asing lagi terjadi pohon tumbang saat dilanda hujan deras disertai angin kencang. Bahkan sejumlah pemberitaan di media perihal pohon tumbang kerap terdengar.

Nah, petaka bagi Anda yang kebetulan mobil atau motornya diparkir di bawah pohon. Meskipun tak bisa diprediksi, sebaiknya hindari memarkir kendaraan di bawah pohon.

Jika Anda sedang sial, mobil atau motor kesayangan bisa jadi rusak parah akibat tertimpa pohon yang tumbang akibat angin kencang.

5. Jangan Parkir di Bidang yang Terdapat Cekungan

Memilih tempat parkir juga harus memerhatikan datarannya. Alih-alih parkir di area yang terdapat cekungan, parkirlah mobil Anda di tempat yang datar sehingga bebas dari genangan air yang tak hanya membuat mobil kotor, tapi bisa merusak bagian bawah mobil.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Parkir di Bahu Jalan

Memarkir kendaraan di bahu jalan wajib dihindari dalam situasi dan kondisi apapun, termasuk saat hujan. Ini guna menghindari mobil Anda mengganggu pengendara lain, terutama pengendara kendaraan roda dua yang hendak menepi untuk berteduh atau mengenakan jas hujan.

Lagipula, dengan parkir di bahu jalan sebenarnya Anda sudah melanggar lalu lintas, bukan? Jadi, jangan lagi dengan mudah parkir di bahu jalan dalam keadaan hujan atau pun tidak.

7. Carilah Tempat Parkir yang Lokasinya Terbuka dan Tinggi

Lebih baik jika Anda mencari tempat terbuka yang tidak terdapat pohon atau papan reklame di sekitarnya. Selain itu, usahakan juga untuk cari tempat parkir yang posisinya tinggi. Ini guna berjaga-jaga kalau di sekitar area parkir terjadi banjir.

Jaga Kendaraan dari Hal yang Terkesan Sepele

Memang, kemungkinan-kemungkinan seperti pohon tumbang, tiang listrik ambruk, dan tembok yang roboh tersebut jarang terjadi. Namun, tetap saja potensi tersebut ada dan bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Oleh karenanya, lebih baik antisipasi dengan menerapkan tips aman memilih tempat parkir saat hujan seperti di atas.

Anda tentu saja tidak ingin kendaraan kesayangan mengalami kerusakan dengan cara yang konyol tersebut, bukan? Lebih buruk lagi jika mobil Anda adalah mobil mewah yang pastinya akan membutuhkan biaya tak sedikit untuk memperbaikinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Simak Cara Mudah Berbisnis Katering
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Rencana Karier biar Sukses