Sukses

Mengintip Biaya Perbaikan Body Mobil di Bengkel Resmi

Liputan6.com, Singosari - Salah satu mimpi buruk dari pemilik mobil adalah saat kendaraan kesayangannya baret akibat tak sengaja bersenggolan dengan tembok, atau tergores oleh motor di saat kemacetan.

Bagi yang tak berpengalaman, memilih bengkel cat menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, bengkel cat yang tidak resmi dikhawatirkan tidak memiliki hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan jika memilih fasilitas body & paint di bengkel resmi, dikhawatirkan harga akan melambung tinggi.

Mengenai harga, fasilitas body & paint milik Auto2000 mematok harga berdasarkan jumlah panel yang dikerjakan. Buddy Sukmawan, Service Supervisor Body and Paint Auto2000 Singosari, mengatakan, " Untuk harga per panel kita patok berbeda-beda tergantung dari modelnya. Misalkan harga per panel Toyota Avanza mulai dari Rp800 ribu, sedangkan Innova dipatok mulai dari Rp900 ribu."

Seperti apa hitungan panel yang dimaksud? Misalkan bumper depan itu dihitung satu panel, satu pintu dihitung satu panel, kap mesin dihitung satu panel, dan yang lain pun sama perhitungannya. 

Konsumen pun tak perlu khawatir cat hasilnya akan belang dengan mobilnya. " Di Auto2000 sudah terkomputerisasi untuk pencocokan warnanya, kita pun punya satu orang spesialis untuk memastikan warna yang disiapkan dengan warna di mobil tetap sama. Jadi tidak full tergantung komputer, tetap kualitas akhir dipantau oleh mata yang terlatih," sambung Buddy, saat media gathering di Auto2000 cabang Singosari.

Selain itu, bagi mobil dengan pengerjaan 3 panel segaris dan kerusakan ringan (kedalaman penyok tak sampai 3 mm), Auto2000 menjanjikan proses pengerjaan hanya 8 jam atau disebut Express Body Paint. 

 

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Obat Poles Ini Bisa Bikin Bodi Sebening Kaca

Perawatan mobil kesayangan tidak sebatas pada sektor mesin maupun kabin saja. Sektor lain juga harus diperhatikan baik kelistrikan, kaki-kaki maupun eksterior sebagai bagian yang paling terlihat.

Salah satu upaya agar bodi mobil terlihat kinclong adalah menerapkan teknik coating ataupun poles bodi. Dan untuk menghasilkan kualitas terbaik, obat poles yang digunakan menjadi penentunya.

 
 

Salah satu obat poles yang bisa membuat bodi mobil nampak kinclong adalah produk dari Sonax Car Care dari Jerman. Disebutkan, dengan penggunaan obat poles dari Sonax bisa membuat bodi mobil sebening kaca.

"Untuk hasil efek kualitas premium seperti Sonax ada efek mirror bening seperti kaca," ujar Mochammad Edy, Techincal Support PT. Mega Auto Prima selaku distributor Sonax dalam keterangan resminya.

Produk Sonax sendiri terdiri dari berbagai macam, seperti pembersih interior dan eksterior, gel ban, pembersih cat, sampo, sampai teknologi nanoceramic yang ramah lingkungan.

 

Dari segi pengerjaan, menurut Edy, demi menghasilkan kualitas premium membutuhkan waktu lebih lama daripada biasanya.

"Dari segi waktu pekerjaan lebih lama kalau premium dibandingkan yang biasa. Bisa sampai 2-3 hari karena dikerjakan secara detail, baret diminimalis, jangan sampai masih ada baret dan jamur yang tertutup coating. Jadi sebelum di-coating permukaan cat harus dipastikan benar-benar bersih," jelas Edy.

Tempat dan suhu juga menjadi faktor penentu dalam menghasilkan kualitas terbaik. "Ruangan pekerjaan harus tertutup dan suhu udara yang dingin. Paling tidak suhu ac di dalam ruangan 16 derajat celcius," tutup Edy.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Ini Bikin Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan