Sukses

Helm Bau Tak Sedap, Hilangkan dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Helm merupakan alat keselamatan yang wajib digunakan pengendara sepeda motor. Digunakan setiap kali menggunakan kendaraan roda dua, tak dapat dihindari pelindung kepala ini sering terkena debu bahkan basah di musim penghujan.

Tak jarang, helm yang digunakan mengeluarkan bau tak sedap. Hal itu tentu saja mengganggu. Untuk menghilangkannya, berikut tips menghilangkan bau helm seperti dilansir Wahana Honda.

1. Berikan Parfum Pada Helm

Cara pertama untuk helm yang baunya masih belum terlalu parah ialah memberikannya cairan pewangi beralkohol rendah. Agar tak repot, pemilik kendaraan juga bisa menyemprotkan parfum.

Namun, kadar alkohol yang dipakai tidak boleh terlalu tinggi, karena helm akan bersentuhan dengan rambut. Apabila alkohol belum menguap dan terkena rambut, bisa terjadi reaksi yang bikin rambut rusak.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Cuci Dengan Air Sabun

Apabila bau sudah sangat mengganggu, jangan lupa untuk langsung dicuci dengan air sabun. Tak lupa, sikat lembut helm yang dicuci.

3. Pakai Kopi

Cara ini bisa digunakan jika Anda belum sempat mencuci helm. Namun, cara ini hanya bisa menghilangkan bau selama beberapa hari. Hal ini dikarenakan bakteri di helmmu belum hilang.

Jangan laungsung ditabur pada helm. Gunakan kain kecil untuk membungkus kopi bubuk, lalu taruh semalaman di dalam helm.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Menjemurnya di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah bakteri dalam helm berkembang.

Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Hal ini juga akan membuat helm kembali nyaman ketika digunakan.

5. Bawa ke Jasa Cuci Helm

Yang terakhir adalah yang paling mudah. Bawa saja ke jasa cuci helm. Saat ini usaha cuci helm semakin banyak dan mudah ditemui.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Langkah Mudah Merawat Mobil Putih
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Mudah Mencegah Tikus Bersarang di Mobil