Sukses

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak, Apa Saja?

cara kerja starter pada dasarnya dengan menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mobil yang belum dilengkapi start-stop button, starter mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Dengan komponen tersebut, berfungsi untuk menggerakan dinamo sehingga kendaraan bisa dihidupkan.

Seperti dilansir Daihatsu Indonesia, cara kerja starter pada dasarnya dengan menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil. Tentunya, hal yang sangat menyulitkan jika tiba-tiba starter mobil mengalami kerusakan atau tidak berfungsi. Dengan begitu, pastinya sangat menyulitkan, dan paling satu solusinya yang bisa dilakukan pada mobil manual, yaitu dengan mendorong mobil tersebut.

Mendorong mobil tentu tidak bisa dilakukan sendirian, karena membutuhkan bantuan beberapa orang untuk menyalakan mobil, dan hal ini sangat merepotkan. Nah, berikut penyebab kerusakan starter mobil rusak:

1) Memaksa Dinamo Bekerja

Salah satu yang mungkin jadi penyebab dinamo starter rusak, adalah terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala. Memaksakan kerja dinamo terus menerus saat mesin tidak mau bekerja akan membuat dinamo starter rusak.

Dengan memaksakan kerja dinamo akan membuat dinamo menjadi panas. Kondisi dinamo yang panas berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya, dan berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2) Dinamo Starter Mulai Habis Pada Bagian Carbon Brush

Hal lain yang bisa menjadi alasan mengapa dinamo starter tidak berfungsi atau rusak, karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tanda yang terjadi jika dinamo starter mulai habis, adalah putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Jadi ketika merasa ada masalah dengan dinamo starter kamu, segera periksa bagian carbon brush-nya, ya. Jika bagian tersebut tidak memungkinkan lagi, kamu harus menggantinya.

3) Aki Bermasalah

Penyebab terakhir starter dinamo pada mobil tidak berfungsi mungkin adalah adanya masalah pada bagian aki mobil. Seperti yang diketahui, aki mobil adalah bagian penting yang menunjang kelistrikan pada mobil.

Masalah pada aki mobil bisa menyebabkan starter pada dinamo mobil tidak berfungsi, hal tersebut disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

Ketika tahu bahwa aki mobil mengalami masalah, namun masih memaksakan untuk menyalakan mobil, hal tersebut akan memicu kerusakan pada dinamo starter.

Ceklah bagian aki mobil secara rutin dan berkala supaya setidaknya mengantisipasi kerusakan pada bagian dinamo starter mobil. Jangan sampai kerusakan tersebut datang secara tiba-tiba, karena hal tersebut akan merepotkan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.