Sukses

Kepincut Kawasaki KSR Pro, Intip Kelebihannya

Kawasaki KSR Pro merupakan motor mungil yang diperkenalkan pada 2011 lalu. Motor bergenre mini super sport ini digemari di Thailand, sehingga PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tertarik untuk membawanya ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki KSR Pro merupakan motor mungil yang diperkenalkan pada 2011 lalu. Motor bergenre mini super sport ini digemari di Thailand, sehingga PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tertarik untuk membawanya ke Indonesia.

Dicomotlah ia dari Negeri Gajah Putih, sebagai motor Completely Build Up (CBU). Faktanya, Kawasaki KSR Pro merupakan salah satu produk terkecil Kawasaki. Lihat, panjangnya 1.725 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1.020 mm. Namun sayang, kehadirannya tidak mendapat respons bagus.

Pasarnya sangat terbatas. Sangat jarang kita melihat KSR melenggang di jalanan. Hanya segelintir orang yang memilikinya. Pemilik kebanyakan penyuka keunikan, kolektor dan hobi modifikasi. Motor didistribusikan ke seluruh jaringan resmi (Authorized Dealer) Kawasaki dengan banderol Rp 29,4 juta.

Ya, mungkin ini juga yang menjadi alasan, kenapa motor kurang diminati. Lantaran impor, banderol yang dilabelkan menjadi tidak kompetitif. Jadi posisinya sebagai motor kedua atau ketiga. Bukan diperuntukkan pada konsumen pengguna pertama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spefisikasi Teknis

Hal yang perlu Anda ketahui, KSR Pro dilengkapi dengan manual clutch. Menurut KMI, bikin motor makin responsif digunakan di permukaan jalan yang tidak rata. Meski kecil, kalau pakai tambahan kopling manual bisa meningkatkan nilai maskulin. KSR Pro memilki dua varian warna hijau dan hitam. Lalu ditemani dengan striping desain ala Kawasaki yang cukup sporty.

KSR Pro tetap mempertahankan spesifikasinya dengan volume silinder 111 cc. Unit pakai tipe Silinder Over Head camp (SOHC) dua katup. Untuk menyemprotkan bahan bakar, masih pakai karburator. Terpasang produk keluaran Keihin dengan tipe PB18. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 8,4 Tk pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 8,6 Nm pada 6.000 rpm. Daya disalurkan melalui transmisi manual empat percepatan.

Ban depan dan belakang identik. Berukuran 100/90 berdiameter ring 12 inci. Kesan mini super sport semakin diperkuat dengan garpu telescopic inverted (upside down). Panjang travel mencapai 30 mm dan suspensi belakang pakai single shock. Cocok untuk ditunggangi sendirian. Bobot KSR hanya 94 Kg saja. Ia juga sanggup menampung bensin 7,3 liter yang tergolong besar.

Pada pengereman, produk ini sudah dilengkapi disc brake dengan kaliper keluaran Nissin pada roda depan dan belakang. Versi KSR Pro punya dimensi cakram yang diperlebar menjadi 200 mm. Ini dilakukan lantaran pengaplikasian manual clutch. Dengan menimbang banderol mahal itu, agaknya melebihi batas psikologi konsumen. Antara nilai dan harga tak berimbang. Kecuali Anda punya dana lebih, untuk memajangnya di ruang tamu.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.