Sukses

Demo Mahasiswa di Kawasan Istana Kepresidenan

Punya Duit Rp20 Juta, Ambil Honda Vario 125 atau Yamaha FreeGo S?

Liputan6.com, Jakarta Ketika dana untuk membeli motor hanya tersedia sekitar Rp 20 jutaan, maka akan muncul dua skuter matik yang bisa jadi pilihan utama. Pertama adalah Yamaha FreeGo S Non ABS dan satunya lagi ialah Honda  Vario 125.

Honda Vario 125 CBS-Idling Stop System (ISS) dilabeli Rp 20 juta. Sementara Yamaha FreeGo S Non ABS Rp 19,7 juta (OTR DKI Jakarta). Mesinnya pun berada dalam satu kelas. Berikut informasi yang akan memudahkan kita untuk memilih satu di antaranya:

Dimensi dan Desain

Honda Vario 125 punya ukuran yang lebih panjang dibanding FreeGo S. Dimensinya 1.921 mm x 683 x 1.096 mm (PxLxT), dengan jarak antar-poros roda 1.280 mm dan ground clearance 132 mm. Yamaha FreeGo berukuran 1.905 x 690 x 1.100 mm, sumbu rodanya 1.275 mm dan jarak terendah dengan tanah 135 mm.

Desain Honda Vario terlihat agresif, lantaran adanya aksen tajam di beberapa sisi. Berbeda dengan Yamaha FreeGo, bodinya minimalis dengan lekukan lembut yang terkesan membulat. Kedua pabrikan tampaknya berusaha menciptakan tunggangan yang punya tampilan unik.

Tengok sektor penerangan. Honda Vario memasang dua lampu LED yang terpisah, sehingga auranya dinamis. Yamaha FreeGo cuma satu, tetapi tampak dominan dengan ukurannya. Menariknya, lampu sein pada kedua skutik itu, diletakkan terpisah dengan headlamp. Posisi pada Yamaha FreeGo ada di bawah sayap samping, sedangkan Vario di atas dan bentuknya memanjang ke depan, menyatu dengan daytime running light.

Panel digital yang mampu menampilkan berbagai informasi terkait tunggangan, sudah diaplikasikan keduanya. Tetapi Yamaha FreeGo ukurannya tak sebesar Honda Vario. Pada kaki-kaki, Yamaha diperkuat pelek 12 inci dengan ban berprofil tebal. Skutik Honda lebih besar mencapai, 14 inci.

Soal warna, Honda Vario lebih banyak ketimbang Yamaha FreeGo. Ada 4 kelir : Advanced Black, Advanced Red, Advanced White Blue, Advanced White Red. Sedangkan skutik Yamaha cuma dua, Matte Red dan Matte Grey.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Fitur dan Kepraktisan

Yamaha FreeGo S Non ABS punya kelengkapan lebih baik dari Honda Vario 125. Dimulai dari fitur akses yang sudah keyless dengan smart key system, immobilizer dan sistem answer back. Vario masih mempercayakan kunci konvensional yang diperkuat alarm dan answer back system. Selain itu, kapasitas bagasi di bawah jok, volume FreeGo mencapai 25 liter, Vario hanya 18 liter. Jadi barang yang dimasukkan bisa lebih banyak, seperti helm full face dan sepatu atau jaket.

Smartphone milik pengguna Yamaha FreeGo bisa terjaga dayanya, berkat keberadaan power socket di kompartemen depan. Sayangnya, Yamaha seperti kelupaan memikirkan ruang penyimpanan. Sehingga membutuhkan perangkat tambahan untuk menyimpannya, atau menggantungkan tas di bagian tengah.

Sektor keselamatan, FreeGo S hanya diberikan cakram di bagian depan. Skema sama digunakan Vario 125 dengan imbuhan teknologi combi brake. Fitur ini memungkinkan rem depan dan belakang aktif secara bersamaan.

 

 

3 dari 5 halaman

Performa

Walau punya kubikasi mesin yang setara, tetapi keluaran tenaga yang dihasilkan berbeda. Bila Honda Vario 125 mampu memproduksi 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm, Yamaha FreeGo S lebih kecil, 9,5 PS saat putaran 8.000 rpm dan momen puntir 9,5 Nn pada 5.500 rpm. Dua-duanya sudah berteknologi injeksi untuk menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Hanya FreeGo mempercayakan udara untuk mendinginkan dapur pacu, sementara Vario berupa cairan.

Guna memperhalus proses starter, baik FreeGo maupun Vario telah menerapkan teknologi terkini. Hanya namanya yang berbeda, bila FreeGo S disebut Smart Motor Generator, Vario 125 ACG Starter. Untuk menghemat konsumsi bahan bakar, keduanya telah dipasangkan start stop sytem. Pada Vario, teknologi itu disebut Idling Stop System (ISS).

 

 

4 dari 5 halaman

Simpulan

Yamaha FreeGo S dan Honda Vario 125 merupakan skutik yang mampu dijadikan tunggangan sehari-hari, dengan harga yang bersaing. Namun, masing-masing menawarkan keunggulan berbeda. Jika Anda mencari performa mesin yang bertenaga, Vario bisa menjadi pilihan karena produksi dayanya lebih besar. Walau tenaga dan torsinya lebih kecil, FreeGo S punya keunggulan pada fitur yang disematkan, sehingga penggunanya dimudahkan. Nah, tinggal pilih mau Honda Vario 125 atau Yamaha FreeGo S.

(Hfd/Van)

Sumber: Oto.com

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading