Sukses

Musim Hujan, Begini Cara Merawat Wiper dan Karet Jendela yang Benar

Agar saat mengemudikan mobil tetap aman, rawatlah wiper dan karet jendela dengan baik

Liputan6.com, Jakarta - Saat intensitas hujan tinggi seperti yang terjadi akhir-akhir ini, memang sangat sulit untuk mengemudikan mobil. Pasalnya, dengan jarak pandang yang terbatas, pastinya pengemudi harus ekstra hati-hati karena potensi bahaya kecelakaan yang besar juga.

Maka dari itu, agar saat mengemudikan mobil tetap aman, rawatlah wiper dan karet jendela dengan baik, agar bisa berfungsi maksimal. Nah, berikut panduan merawat wiper dan karet jendela mobil seperti dilansir laman Suzuki Indonesia:

1) Jagalah elastisitas wiper dan karet jendela mobil

Tahukah Anda bahwa wiper selain terbuat dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil Anda.

Nah, supaya bagian tersebut tetap terjaga maka jangan sering memarkirkan mobil Anda di tempat yang sangat panas. Karena, panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan akan berdampak pada wiper dan karet jendela.

2) Berhati-Hati Saat Mencuci Wiper Dan Karet Jendela Mobil

Pada saat mencuci mobil, bagian wiper dan karet jendela tentunya bagian yang tak terlewatkan untuk dibersihkan. Ternyata Anda harus berhati-hati saat membilas bagian-bagian karetnya.

Pada bagian wiper dan karet jendela mobil, terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut adalah sebagai pelindung dan pelembab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Merawat Wiper Mobil

Dalam merawat wiper mobil ada caranya sendiri lho. Nah, cara merawat wiper yang benar adalah jangan membilas karet wiper dengan sabun cuci mobil.

Anda cukup menyiram wiper dengan air bersih dan lap permukaan karetnya dengan hati-hati. Biarkan air mengering sendiri dengan cara menegakkan wiper setelah Anda mencucinya.

Setelah Anda mencucinya dengan baik dan benar. Maka Anda harus memberikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah terjadinya aus.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya perputaran pada wiper saat menyapu air dan kotoran pada saat musim hujan tidak terhambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini