Sukses

Jangan Panik Jika Mobil Kehilangan Kendali, Begini 5 Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang membuat panik saat mengemudi adalah mobil tak mau berbelok meski lingkar kemudi sudah diputar.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang membuat panik saat mengemudi adalah mobil tak mau berbelok meski lingkar kemudi sudah diputar.

Jangan panik saat mengalami hal tersebut. Kondisi yang disebut dengan understeer itu disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bisa jadi karena kerusakan pada sistem kemudi atau hal lain.

Hal ini tentu menyebabkan pengemudi dalam keadaan bahaya, terlebih saat berada dalam kecepatan yang tinggi. Mobil bisa terperosok ke tikungan karena tak berhasil membelok. Parahnya bisa menabrak pembatas yang menyebabkan kecelakaan fatal.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengemudi ketika mobilnya mengalami understeer, seperti dikutip dari laman Nissan. Langkah tersebut antara lain:

1. Kendalikan respons alami Anda

Ketika kendaraan tergelincir, mungkin Anda akan secara refleks memutar kemudi ke arah yang berlawanan dan sesegera mungkin menginjak pedal rem. Sebaiknya kendalikan respons alami Anda. Ingatlah bahwa kedua hal tersebut justru akan membahayakan Anda dan penumpang.

2. Identifikasi lingkungan sekitar

Apakah benar Anda mengalami understeer? Atau mungkin ada sedikit kesalahan pada roda kemudi sehingga kontrol pada mobil jadi hilang? Persiapkan mental Anda terlebih dahulu. Cobalah untuk memutar-mutar kemudi. Bila masih tidak bisa dikendalikan, segeralah fokus dengan keadaan sekitar. Lihat apa yang ada di sekitar mobil Anda. Nilailah apakah kondisi sekitar memungkinkan untuk melakukan pengereman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan Menginjak Rem Terlalu Kencang

Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan. Mengerem ketika berbelok berisiko mengunci ban bahkan membuat mobil terpelanting dengan mudah. Anda hanya boleh mengerem dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan mobil, bukan berhenti. Lakukan secara perlahan dan bertahap.

4. Lepaskan pedal gas

Sekalipun hindari menginjak pedal gas dan pedal kopling. Biarkan mesin yang akan memperlambat laju kendaraan. Menginjak pedal gas hanya akan mempercepat laju kendaraan. Sedangkan menginjak kopling membuat kendaraan melaju bebas tanpa aturan. Sedikit demi sedikit perkecil penggunaan pedal gas.

5. Putar kembali roda kemudi

Dengan tenang, kembalikan posisi kemudi hingga roda mengarah lurus. Bila Anda berada di tikungan, belokkan kemudi ke arah mobil tergelincir secara perlahan. Hal ini akan membuat roda Anda kembali mencengkeram jalan sehingga membantu kendaraan untuk berhenti secara perlahan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.