Sukses

Sinyal Peluncuran Generasi Terbaru Mazda3 Semakin Kuat

Liputan6.com, Jakarta - Teaser mengenai generasi terbaru Mazda3 kembali muncul. Apakah ini menjadi sinyal waktu peluncuran yang semakin dekat?

Sebelumnya, sudah terungkap bahwa all new Mazda3 bakal meluncur November ini. Jadwalnya pun diperjelas dan dikonfirmasi kalau Mazda3 siap mendebut di Los Angeles Auto Show (30 November – 9 Desember).

Gambar teaser terbaru membawa informasi sekaligus. Terlihat jelas dua jenis model bodi hatchback dan juga sedan, yang memang selalu ada di varian Mazda3. Melansir situs Carscoops, pihak pabrikan mengatakan, model 2019 menandakan dimulainya era baru mobil-mobil Mazda. Dan ini memang dimulai dari Mazda3.

Karena sudah dapat dipastikan, generasi keempat Mazda3 mengusung Skyactiv-Vehicle Architecture yang diklaim lebih kuat dan menyajikan kualitas berkendara lebih baik. Jadi sebuah platform baru yang dipromosikan oleh pihak pabrikan, mampu membuat pengemudi merasakan keseimbangan natural sesungguhnya.

Paling menarik, tentu saja berasal dari mesin yang digunakan. Sudah pernah kami bahas sebelumnya, Mazda3 terbaru menggendong teknologi anyar bernama Skyactiv-X. Berjenis mesin bensin dengan Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI).

Teknologi ini mengkombinasikan metode pengapian busi mesin bensin, dengan kompresi (pemampatan) mesin diesel. Ditambahkan juga supercharger untuk menambah tekanan di intake, sehingga mampu meningkatkan respons mesin dan menaikkan torsi sebesar 10 – 30 persen dari mesin Skyactiv-G. Selain itu, efisiensi bahan bakarnya bertambah 20 sampai 30 persen.

Belum ada bocoran soal detil mesin Skyactiv-X lebih lanjut. Kemungkinan besar kapasitasnya 2,0-liter, diprediksi memiliki tenaga sekitar 190 hp dan torsi 230 Nm. Besarannya sangat masuk akal, bahkan bisa lebih besar lagi.

Mesin Skyactiv-G 2,0-liter Mazda3 sekarang saja bertenaga 165 PS dengan torsi 210 Nm. Dengan teknologi semakin canggih, tidak hanya bertambah kencang, tapi juga irit dan ramah lingkungan.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dari teaser disebar, sangat memperlihatkan wujud produksi dari konsep Mazda Kai. Tampil di Tokyo Motor Show 2017, Kai memukau perhatian lewat penyempurnaan bahasa desain Kodo.

Walau hanya memperlihatkan bagian samping hingga buritan, tampak jelas tidak banyak perubahan dari versi konsepnya. Karena yang ditampilkan dulu sudah berupa desain utama yang matang. Hanya tinggal mengubah detil sedikit untuk mengikuti homologasi mobil produksi.

Versi sedan sepertinya bukanlah menjadi model prioritas. Seperti mengubah hatchback ke sedan, tampilannya cenderung hanya mengganti bagian belakang hatch.

Kabin Mazda Kai Concept yang minimalis, dikatakan juga menjadi desain dasar interior Mazda3. Nah, debutnya tak lama lagi. Diharapkan Mazda3 generasi baru sudah dipasarkan secara global pada semester pertama 2019.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Hasil Uji Tabrak Mazda6
Artikel Selanjutnya
Seberapa Laris Jualan Mazda di Indonesia?