Sukses

Ini Hasil Uji Tabrak Mazda6

Euro NCAP melakukan uji tabrak Mazda6 terbaru. Hasilnya, mobil asal Jepang ini mendapat lima bintang.

Liputan6.com, Jakarta - Euro NCAP melakukan uji tabrak Mazda6 terbaru. Hasilnya, mobil asal Jepang ini mendapat lima bintang.

Dengan standar pengujian baru yang diterapkan oleh Euro NCAP, Mazda6 jadi model pertama manufaktur yang mendapat nilai paling tinggi dari pengujian baru Euro NCAP.

Mazda6 juga jadi salah satu mobil terkini yang paling tinggi jaminan keselamatannya ketika terjadi kecelakaan. Itu berlaku bagi penumpang dewasa maupun anak-anak.

Kunci kesuksesan Mazda6 mendukung safety adalah rangka bodi (Skyactiv-Body) yang bisa menyerap dampak benturan dengan baik. Kekakuannya ditingkatkan namun tetap dijaga bobotnya.

Itu kemudian ditambah dengan paket keselamatan lengkap i-Activsense yang membantu pengemudi mengidentifikasi potensi risiko tabrak. Mazda6 juga sudah ditingkatkan performa perlindungan bagi pejalan kaki, apabila tidak terhindarkan.

Menurut laporan Euro NCAP, dari empat kategori tes: penumpang dewasa, penumpang anak-anak, keamanan pengguna jalan lain (pejalan kaki) dan bantuan keselamatan, Mazda6 mendapat skor hampir sempurna. Capaian itu lebih tinggi dari pendahulunya yang diuji pada 2013.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tes untuk penumpang dewasa ada peningkatan 3 persen dari model lama. Skor yang didapat 95 persen. Poin maksimal didapat untuk dampak tabrak depan dengan kendaraan diam, tabrak samping dan tabrak tiang samping. Sementara untuk penumpang anak-anak ada peningkatan signifikan 14 persen. Skornya 91 persen dengan poin maksimal didapat dari kategori dampak frontal dan lateral.

Untuk keselamatan pejalan kaki dan pengguna jalan lain, angkanya masih sama dengan pendahulunya, 66 persen. Sementara kategori bantuan safety, Mazda6 juga mendapat skor bagus dengan 73 persen.

Mazda6, baik versi sedan dan estate (tourer) didukung paket keselamatan canggih nan komplet. Mulai dari rem ABS ditambah EBD dan BA, Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS), G-Vectoring Control (GVC), sensor parkir depan belakang, 360 View Monitor, Lampu LED adaptif dan cruise control.

Masih ada lagi, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support maju dan mundur, Driver Attention Alert (DAA), serta Hill Launch Assist (HLA). Khusus untuk keselamatan pejalan kaki, bagian kap depan sudah didesain agar lebih aman saat terjadi tabrakan.

Tak cuma itu, Mazda6 mendukung pergerakan dinamis yang baik. Itu juga berkontribusi terhadap safety. Menjadikan mobil mudah dikendarai, mengurangi potensi kecelakaan tanpa mengorbankan karakter fun to drive khas Mazda.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.