Sukses

Melawat Museum Otomotif di Circuito de Jerez Angel Nieto Spanyol

Liputan6.com, Jakarta Tiap tahunnya, Sirkuit Jerez, Spanyol menggelar ajang MotoGP. Tahun ini berlangsung pada 6 Mei lalu. Namun di luar itu, agenda di sirkuit yang bernama lengkap Circuito de Jerez Angel Nieto ini sangat padat. Liputan6.com berkesempatan mengunjunginya untuk menyaksikan Dimas Ekky dan Gery Salim berlaga di CEV European Championship akhir bulan lalu.

Di luar agenda balap, Liputan6.com mendatangi fasilitas lain yang ada di Circuito de Jerez Angel Nieto. Apalagi kalau bukan museum otomotif yang terletak dekat gerbang utama sirkuit. Gedung yang berdiri di lahan 600 meter persegi ini, menyatu dengan toko suvenir resmi.

Untuk masuk ke museum, pengunjung harus membeli tiket seharga 6 Euro di toko suvernir tersebut. Cukup lengkap juga koleksi mobil atau motor balap yang ada di museum. Mulai dari mobil F1 tim Wiliams Honda tungganan Nigel Mansell hingga besutan Lewis Hamilton ada di dalamnya. 

Menurut keterangan, mobil Nigel Mansell itu adalah asli yang dipakai ketika menempati urutan ke-2 balapan di sirkuit tersebut. Mobil ini hanya kalah 0,014 detik dari Lotus Renault yang dikendarai Ayrton Senna.

Koleksi motor yang ada di Museum Jerez juga lumayan lengkap dari motor balap 125 cc jadul hingga motor Valentino Rossi saat masih berlaga di kelas 250 cc. Nama-nama lain yang motor ataupun kelengkapan balapnya ada di museum ini di antaranya Alex Crivillé, Carlos Checa, Marc Marques, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Abe.

Untuk lebih merasakan bagaimana atmosfir museum Circuito de Jerez Angel Nieto, simak videonya berikut ini: