Sukses

Evolusi Pikap Mitsubishi Sudah Berumur 40 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Motors merayakan 40 tahun perjalanan model pikap andalannya, yang pertama kali diberi nama Forte. Bertahan selama empat dekade, mobil dari pabrikan berlambang tiga berlian ini sudah menghadirkan mobilitas bagi 4,7 juta orang.

Pertama kali hadir, Forte didesain mampu mengangkut dengan kapasitas 1 ton. kemudian, di beberapa pasar lain model ini menggunakan nama L200 atau Triton. Generasi pertama, Forte diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama Mitsubishi Truck dan L200. Untuk ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober.

Hanya tersedia pilihan kabin tunggal, dengan pilihan mesin bensin 2,0 liter, 2,6 liter untuk Amerika Utara, 1,6 liter untuk pasar Jepang dan negara lain. Sedangkan mesin diesel untuk pasar ekspor umum, dan sistem 4WD diperkenalkan pada Oktober 1980.

Sementara generasi kedua, terdapat pergantian model dengan tiga tipe, kabin tunggal, kabin ganda, dan club cab. Generasi ketiga pada November 1995, diperkenalkan di Thailand dengan nama L200 Strada dan diproduksi di pabrik MSC Laem Chabang untuk diekspor ke seluruh dunia.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Generasi keempat Agustus 2005 dengan mesin diesel common-rail, dan untuk generasi kelima pada 2014 mengalami peningkatan penggunaan dan daya tahan untuk kebutuhan komersial, kesan sporty yang mudah dan menyenangkan untuk dikendarai.

Masih terdapat tiga tipe yang ditawarkan, single cab, double cab, dan club cab pintu ganda. Mesin 2,5 liter turbodiesel dan 2,4 liter bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.4 liter MIVEC clean turbodiesel.

Sementara itu, untuk generasi berikutnya masih belum terungkap, dan bakal segera diluncurkan dalam beberapa waktu ke depan.

Jika dilihat dari gambar yang sudah beredar, pikap Mitsubishi terbaru ini bakal hadir dengan desain yang lebih modern dan sporty. Hal tersebut, terlihat dari desain wajah yang menggunakan konsep dynamic shield seperti Pajero Sport atau Xpander.