Sukses

Kebanyakan Impor, Pemerintah Minta Suzuki Perbesar Ekspor

Impor Susuki dalam enam bulan pertama tahun ini mencapai 15.353 unit, dan naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 9.935 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi membatasi impor kendaraan mewah. Hal tersebut, dilakukan dengan menaikkan Pajak Penghasilan (PPh) 22 dari 7,5 persen menjadi 10 persen, dan menyamaratakan bea masuk sebesar 50 persen.

Selain itu, pemerintah juga memberlakukan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) antara 10 sampai 125 persen. Dengan adanya rincian tarif tersebut, maka total biaya yang dikeluarkan apabila mengimpor mobil sebesar 190 persen dari harga mobil.

Untuk pembatasan mobil impor ini, memang bakal dirasakan langsung dampaknya oleh perusahaan kendaraan mewah. Namun, pemerintah ternyata juga menyenggol pabrikan yang memang masih doyan melakukan impor, dan salah satunya Suzuki.

Melihat data ekspor PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku produsen kendaraan (mobil dan motor) Suzuki di Indonesia, selama semester pertama 2018 memang mengalami peningkatan 11 persen. Secara angka, pabrikan berlambang huruf S ini mengirim 31.759 unit kendaraan ke negara lain.

Namun, untuk data impor Suzuki sepanjang semester pertama tahun ini juga naik. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), impor Susuki dalam enam bulan pertama tahun ini mencapai 15.353 unit, dan naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 9.935 unit.

Dijelaskan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, Suzuki memang sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan ekspor dibanding impornya.

"Sudah dibicarakan ke Suzuki, dan respon Suzuki pertama kali memang dia akan melakukan dan meningkatkan ekspor. Mudah-mudahan, nanti pada saatnya bisa seperti ini (Toyota)," jelas Putu saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjut Putu, pertumbuhan ekspor Suzuki saat ini memang cukup tinggi, dan akan lebih tinggi beberapa tahun ke depan.

"Untuk motornya (Suzuki) kenaikan malah di atas 100 persen, kalau mobilnya 30 persen. Dia (SUzuki) lebih jauh tinggi ekspornya, dan ekspor komponen kita pertimbangkan," tegasnya.

Untuk diketahui, bulan ini rencananya Suzuki juga bakal melakukan ekspor untuk LMPV andalannya, Ertiga. Sebanyak 12 ribu unit all new Ertiga ditargetkan mengaspal di 29 negara, periode September 2018 hingga Maret 2019. Untuk gelombang pertama (tanpa menyebutkan jumlah unit), bakal dikirim ke Filipina dan Meksiko.

"Pabrik Suzuki di Cikarang sedang menuju tahap akhir persiapan ekspor perdana all new Ertiga," jelas Setiawan Surya, Deputy Managing Director PT SIS, beberapa waktu lalu.

Dengan total ekspor sebanyak 12 ribu unit all new Ertiga ini, kontribusinya mencapai 45 persen dari seluruh ekspor pabrikan asal Jepang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.