Sukses

Bus Nirsopir Dukung Asian Games 2018, Tertarik Mencobanya?

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 sudah semakin dekat. Acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018) sore WIB. 

Acara ini pun didukung dari berbagai pihak, mulai dari 196 unit mobil yang disediakan oleh Toyota hingga bus nirsopir (tanpa supir) yang akan beroperasi di sekitaran Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, tepatnya di Pintu 2, area Telkomsel 5G Experience Center. Bus bernama Navya ini memang dibawa oleh salah satu operator telepon seluler terbesar di Tanah Air, Telkomsel.

"Telkomsel memperkenalkan teknologi ini untuk pertama kalinya di Telkomsel 5G Experience Center guna memberikan ilustrasi seperti apa implementasi teknologi 5G di masa depan, selama perhelatan Asian Games 2018, di Jakarta," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Untuk diketahui, bus listrik asal Prancis ini memang dibangun dan dilengkapi teknologi dalam ST Engineering dan Telkomsel.

Bus ini menggunakan penggerak listrik dengan daya battery pack berkapasitas 33 kWh, yang mampu bertahan selama sembilan jam. Untuk pengisian daya dibutuhkan waktu selama tujuh sampai delapan jam. Fitur navigasi dan keselamatan telah menggunakan sistem pendeteksi efektif yang menggabungkan berbagai jenis teknologi canggih.

Bus tanpa supir Navya sendiri memakai sensor Lidar, kamera, GPS RTK, IMU, dan odometri.

"Dengan demikian, kita bisa membuktikan kepada internasional bahwa kita sudah siap dengan 5G, meski masih dalam tahap demo dan belum komersial," tegasnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Pembukaan Asian Games 2018

Perhelatan Asian Games 2018 sudah semakin dekat. Acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018) sore WIB.

Rekayasa lalu lintas pun dilakukan untuk memberi kemudahan mobilisasi para atlet dan delegasi negara peserta, tamu VIP, serta Presiden Jokowi dalam menghadiri pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

 
 
 

 

 
 

 

Masyarakat diharapkan datang dengan kendaraan umum. Namun, bagi yang membawa kendaraan pribadi, dapat memarkir kendaraannya di area Sudirman Central Business District (SCBD). Pintu masuk bagi penonton akan melalui pintu 5, 6 dan 7, sedangkan untuk VIP akan melalui pintu 1 dan 2.

"Semua kawasan yang bersinggungan dengan area Stadion GBK ditutup," ucap Direktur Media dan PR INASGOC, Muhammad Buldansyah.

"Tamu-tamu VIP akan berkumpul di Hotel Fairmont, setelah itu dibawa dengan menggunakan shuttlebus melalui pintu VIP Barat. Mobil yang bisa masuk ke area Stadion GBK hanya milik presiden," ucapnya.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 akan diselenggarakan pada 18 Agustus pukul 19.00 WIB hingga selesai, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan hadir dan membuka perhelatan olahraga yang diikuti oleh 45 negara di Asia tersebut.

Berikut ini adalah panduan rekayasa lalu lintas saat pembukaan Asian Games 2018: 

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.