Sukses

Harus Ganti Ban tapi Dana Terbatas, Begini Caranya

Seperti halnya manusia, ban ibaratnya adalah sepatu yang melindungi kaki saat berlari kencang . Tentu fungsi ini sangat penting untuk kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta -a Seperti halnya manusia, ban ibaratnya sepatu yang digunakan untuk mengoptimalkan traksi dan kenyamanan saat Anda berlari. Tentu fungsi ini sangat penting untuk kendaraan.

Jika terjadi sesuatu pada ban, kempis atau bocor misalnya, mobil pun tak akan bisa berjalan. Maka, saat ban sudah mulai gundul, pemilik pun harus segera menggantinya.

Sebab, jika berkendara dengan kondisi ban yang sudah gundul akan berbahaya. Ban yang gundul akan kehilangan daya cengkeram dan mudah selip.

Idealnya, ban harus diganti semua meskipun yang mengalami kegundulan hanya satu. Tapi bagaimana jika dana yang ada tak mencukupi untuk membeli 4 ban? Mungkinkah hanya membeli setengahnya (2 ban) saja?

Mitos yang berkembang, sepasang ban baru sebaiknya dipasang di poros depan. Alasannya, ban depan merupakan poros kemudi (steering) sehingga kondisi ban yang ditempatkan di area ini harus punya grip atau daya cengkeram yang lebih baik.

Sayangnya, mitos tersebut kurang tepat meskipun tak sepenuhnya salah juga, seperti mengutip situs resmi Suzuki Indonesia.Pasalnya pergerakan arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari arah kemudi, tapi juga bisa datang dari faktor lainnya, seperti perilaku mengemudi dan jalanan yang biasa dilewati.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Maka sebaiknya sepasang ban baru itu dipasang di poros belakang saja. Alasannya, bagian belakang mobil diibaratkan seperti kunci yang bertugas untuk menggigit jalanan saat mobil sedang bermanuver.

Jika kondisi ban belakang bagus, kemungkinan mobil sliding yang menyebabkan mobil hilang kendali bisa diminimalisir. Namun demikian, demi keselamatan alangkah baiknya jika menyediakan budget khusus untuk mengganti ban secara keseluruhan.

Seandainya memang harus diganti, ban vulkanisir bisa menjadi alternatif. Tapi ingat, pastikan membeli ban vulkanisir yang berkualitas tinggi dan dikerjakan oleh pabrik ternama dengan mesin modern.

Perlu diingat juga soal umur ban vulkanisisr hanya 2/3 kekuatan ban baru. Jadi alternatif ban vulkanisir pun hanya bersifat sementara.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.