Sukses

Pertama Kalinya, Fuso Gelar Kompetisi Antar 11 SMK Binaan

Untuk pertama kalinya, Fuso menggelar kompetisi keahlian siswa SMK untuk memperdalam pengetahuan otomotif

Liputan6.com, Tangerang - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation, perdana mengadakan kompetisi keahlian siswa antar SMK binaannya.

"Fuso Student Skill Competition" yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan semangat untuk lebih memperdalam pengetahuan otomotif para siswa SMK.

Fuso Student Skill Competition ini diikuti oleh 550 orang siswa SMK dari 10 kota di Indonesia yaitu: Medan, Lampung, Palembang, Bandung, Jakarta, Solo, Malang, Banjarmasin, dan Makassar. Fuso mendonasikan unit Mitsubishi Fuso Colt Diesel untuk 11 SMK tersebut pada tahun lalu dan dilanjutkan dengan pemberian training bagi siswa dan guru.

"Ini SMK yang kami bina ada di 11 kota, kami tidak ingin kuantitas tapi kualitas yang kita bangun. Siswa-siswa tersebut kita bekali dan bisa siap di dunia kerja karena yang mengikuti semuanya kelas 3," kata Syaiffudin Said, Director of ADM & HR Division PT KTB, Rabu (8/8/2018).

Kompetisi ini terdiri dari tiga tahap, tahap 1 dan 2 merupakan tes teori dan tes praktik yang diadakan pada 16-28 Juli 2018 di sekolah dan KTB Regional Training Center di Indonesia. Tahap ketiga, tes teori dan praktik sebagai tahap final yang diadakan di KTB Training Center kantor pusat KTB pada 7 Agustus 2018 kemarin.

Materi yang diujikan pada praktik ialah basic electrical, engine component measurement, engine valve adjustment, brake adjustment, dan bagaimana alternator, motor starter dan clutch bekerja.

"Teknologi kendaraan ini kan selalu berubah dengan cepat, ini yang jadi suatu tantangan bagaimana siswa tadi bisa menangkap dengan cepat perubahan tadi," kata Syaiffudin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang

Setelah melalui pemilihan dan penilaian yakni keselamatan, keterampilan dalam bekerja, kebersihan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah, terpilih tiga pemenang kompetisi:

Juara 1

Titis Wahyu Yudiestira dan Arya Hermawan dari SMK Bhakti Bangsa, Banjarbaru

Juara 2

Hafid Akbar Ramadhani dan Alfian Agusti Susanto dari SMK Negeri 1 Singosari, Malang

Juara 3

Diki Wahyudi dan Arga Nirwansyah dari SMK Mandiri, Medan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • Fuso

  • GIIAS 2018