Sukses

Bertenaga Listrik, Sepeda Le-Bui Butuh Perawatan Khusus?

Ternyata tak ada perawatan khusus yang harus dilakukan bagi pengguna sepeda listrik garapan Le-Bui

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan sepeda listrik nyatanya tak merepotkan penggunanya. Seperti halnya pada sepeda listrik Le-Bui (Lombok E-Bike Builder). 

Gede Dijaya selaku Owner Le-bui, bengkel kustom sekaligus produsen sepeda listrik asal Lombok ini, mengatakan tak ada perawatan khusus bagi sepeda listrik garapannya.

"Relatif tidak ada, kalau dibandingkan dengan sepeda motor konvensional yang pakai mesin bakar, itu memerlukan perawatan seperti ganti oli, tune up dan sebagainya. Kalau ini tidak ada," kata Gede saat dihubungi Liputan6.com, beberapa hari lalu.

Menurutnya, sepeda listrik sangat bergantung dengan baterai. Maka, baterai pada sepeda listrik lah yang perlu mendapat perhatian khusus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Kita cukup perhatikan baterai saja. Baterai juga karena kami pakai Lithium, sistemnya sudah aman jadi BMS (Battery Management System) di dalamnya itu yang mengatur kinerja baterai. Tidak sampai kosong sekali dan tidak over atau melewati kapasitas juga, BMS yang atur dan sudah aman, seperti handphone saja," ujarnya.

Seperti diketahui, sepeda listrik buatannya dari segi fisik tetap sama dengan sepeda pada umumnya dimana masih menggunakan kayuhan.

"Kalau pun ada perawatan paling rantai, kalau kurang kencang ya kencangin. Begitu juga kalau kurang minyak, ya diminyakin saja," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.