Sukses

Bikin Kabin X-Trail 2.5L Makin Mewah dengan Head Unit Kontrol AC

Bagi pemilik [Nissan X-Trail 2.5L](3544654 "") yang ingin kabin mobilnya terlihat lebih mewah, kini bisa mencoba headunit (HU) baru dari Kramat Motor.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik Nissan X-Trail 2.5L yang ingin kabin mobilnya terlihat lebih mewah, kini bisa mencoba head unit (HU) baru dari Kramat Motor. Dengan nama Mobiltech Android 12 inch, HU ini sekaligus bisa mengontrol AC.

“X-Trail adalah mobil yang mewah, kami ingin meningkatkan kemewahannya dengan head unit ini, produk aftermarket pertama yang memperkenalkan sistem integrated AC,” tutur Erik Jeo, Operational Manager Kramat Motor, seperti dilansir Oto.com.

Dengan head unit itu, layar 10 inci 2DIN yang sebelumnya tersemat, diganti peranti baru yang lebih besar 2 inci. Untuk penempatannya pun dilakukan dengan format tegak sehingga kesan layar besar kian kuat.

Lalu bagaimana dengan tombol AC yang sebelumnya ada? Tombol ini tentu ditanggalkan dan beralih aksesnya via layar utama. “Kontrol AC jadi lewat sentuhan di head unit, kontrolnya pun makin mudah karena visualisasi pengaturan di layar,” imbuh Erik saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saat ini peranti baru tersedia untuk All New X-Trail 2.5L. Hal ini lantaran pemindahan sinyal kontrol dari AC hanya bisa dilakukan pada mobil dengan pengatur suhu bersistem digital. Jadi, jika X-Trail Anda kontrol AC-nya masih Analog, peranti ini tidak memungkinkan untuk dipasang.

Canggihnya peranti ini tentu bukan saja pengaturan AC-nya saja. Layar 12 inci ini sudah bersistem Android Kitkat. Artinya, beragam aplikasi yang tersedia di google playstore bisa diunduh lewat head unit dan berfungsi baik di head unit.

Misalnya saja pemutar lagu online Spotify, streaming tv lewat aplikasi Mivo, sampai navigasi via waze, bisa dipasang pada peranti ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kami pun sempat menjajal pengoperasiannya lewat simulator yang ada. Pertama yang mengasyikkan, kontrolnya mudah.

Ini berkat layar sentuh capacitive touchscreen yang memang lebih intuitif. Seolah memainkan smartphone yang sudah biasa kita gunakan sehari-hari.

Saat peranti beroperasi pun, kontrol AC tetap berada di bagian bawah layar, dan tak mengganggu kontrol head unit maupun sistem navigasi.

Namun begitu membutuhkan pengaturan lebih lanjut, kontrol ini bisa diperbesar. Kontrol head unit via tombol di setir juga tetap tersedia agar pengemudi bisa tetap fokus berkendara. 

Sumber:Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini