Sukses

Suzuki Intruder 150, Cruiser Murah yang Mejeng di Jakarta Fair

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengejutkan para pecinta sepeda motor Indonesia dengan kehadiran Suzuki Intruder 150 pada ajang Jakarta Fair 2018. Sebelumnya, motor cruiser entry-level ini memang telah mengaspal di India.

Mengutip dari situs resmi Suzuki, motor cruiser modern India ini merupakan perpaduan style, fitur, dan performa. Suzuki Intruder dibuat bagi para pemula yang ingin memiliki pengalaman berkendara sebelum masuk ke cruiser berkapasitas lebih besar.

Sebelumnya nama Suzuki Intruder identik dengan cruiser berkubikasi besar alias moge (motor gede). Setidaknya, ada Suzuki Intruder M800, M1800R, dan M1800RZ. Di Indonesia, PT SIS juga sempat bermain sektor motor cruiser dengan Suzuki Inazuma 250.

Jika menilik dari genrenya, cruiser, motor ini terbilang stabil dengan wheelbase sepanjang 1.405 mm dan ground clearance 170 mm. Suzuki Intruder pun tak terlalu tinggi, hanya 1.095 mm dengan lebar 805 mm dan panjang 2.130 mm. Joknya juga terbilang rendah hanya 740 mm di atas tanah.

Tak hanya dimensi, penampilan motor ini pun kental dengan aura cruiser. Aura tersebut sukses diciptakan dengan tangki memanjang berkapasitas 11 liter. Selain itu, foot-step pengendaranya lebih maju sehingga postur berkendara menjadi semakin nyaman. Knalpotnya juga didesain sporty dengan bentuk yang cenderung meruncing dan memiliki dua lubang.

Lampu depannya memiliki bentuk unik, yaitu segitiga terbalik. Sayangnya, sistem penerangan tersebut masih menggunakan bohlam 12V 35/35W, begitu pula dengan lampu sein. Meski demikian, tail-light cruiser ini telah menggunakan LED serta instrumen panel digital.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Beralih ke dapur pacu, seperti namanya, Suzuki Intruder 150 mengusung mesin 1-silinder SOHC 154,9cc berpendingin udara dan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga 14,6 hp dan torsi mencapai 14 Nm. Sistem suplai bahan bakarnya ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu karburator dan injeksi.

Demi menciptakan kesan gambot, kaki-kaki motor ini dibekali ban tubeless depan belakang yang masing-masing berukuran 100/80 R17 dan 140/60 R17. Sedangkan suspensi depannya masih menggunakan teleskopik dan dipadukan dengan monoshock 7-step swing-arm di bagian belakang.

Untuk menahan lajunya, pabrikan asal Jepang itu menyematkan single-disc brake di ban depan-belakang masing-masing berdiameter 266mm dan 240mm pada Suzuki Intruder 150. Rem tersebut telah dilengkapi teknologi ABS single-channel.

Di India, motor cruiser ini ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu Metallic Gray dan Glass Sparkle Black. Menurut situs resminya, Suzuki Intruder 150 karburator dipasarkan seharga 99.995 rupee atau sekitar Rp 20,7 jutaan. Sedangkan varian injeksi dipatok lebih mahal, yaitu 106.896 rupee atau setara Rp22,2 jutaan.

Yohan Yahya, Marketing and Bussiness Development Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W yang mengatakan bahwa pihaknya masih melihat respon konsumen sebelum memasarkan motor itu di Inondesia.

Bisa jadi, jika animo masayarakat terbilang positif, maka Suzuki Intruder 150 akan mengaspal di tanah air. Menarik untuk dinantikan.

Artikel Selanjutnya
Bocor, Begini Wujud Suzuki GSX-R250
Artikel Selanjutnya
Mejeng di Jakarta Fair, Inikah Calon Motor Baru Suzuki?