Sukses

Toyota C-HR Kena Libas Fortuner, Sulit Menandinginya

Liputan6.com, Jakarta Seminggu terakhir, Toyota C-HR  menyita perhatian. Pasalnya crossover yang satu ini punya bentuk yang menarik tapi jati dirinya mendua.

Secara bodi, Toyota C-HR bermain di kelas yang isinya ada Honda HR-V, Nissan Juke ataupun Mazda CX-3. Tapi secara mesin, Toyota posisinya di atas, yang hanya dimiliki Honda HR-V, mesin 1,8 liter (sekalipun HR-V juga punya varian 1,5 liter).

Tak hanya itu, ternyata harga yang ditawarkan Toyota CH-R juga menyinggung saudara besarnya, Toyota Fortuner. Banderol CH-R yang didatangkan secara utuh dari Thailand ini dipatok Rp 488, 5 juta untuk warna single tone dan Rp 490 juta untuk two tone.

Sementara Toyota Fortuner 2.4 G AT diesel dibanderol Rp 485,3 juta atau Rp 3 jutaan lebih murah dari C-HR.Model, fitur, harga bersinggungan satu dengan lainnya. Pusing? Mungkin, karena desain Toyota CH-R yang kontemporer itu memang menggoda dan lebih segar sebagai pemain baru.

Tapi kenyataannya, ketika pembaca Liputan6.com diajak untuk menentukan pilihan, Toyota C-HR belum bisa unggul menghadapi Toyota Fortuner. Bahkan Toyota Fortuner menjungkirbalikkan  C-HR dengan angka mutlak. Hanya 29 persen voter memilih saudara besarnya. Mungkin Anda salah satu yang memilih Toyota Fortuner.

2 dari 3 halaman

Mesin dan Transmisi

Siapa pun yang bakal merogoh kocek ratusan juta rupiah pasti mempertimbangkan mesin maupun transmisi yang diadopsi oleh mobil incarannya. Tak bisa dimungkiri, salah satu keunggulan Toyota Fortuner adalah mesin diesel turbocharger 2,4 liter bertenaga 147 Tk dengan torsi 400 Nm. Selain irit, torsi puncak dari putaran bawah dan siulan kecil turbo membuat berkendara semakin menyenangkan. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Sedangkan Toyota C-HR dipersenjatai dengan mesin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter yang menghasilkan tenaga hingga 139 Tk dengan torsi maksimum 170 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan.

Meskipun mesin Toyota C-HR kalah saat dibanding secara hitam di atas putih, keduanya memiliki tanggung jawab yang berbeda. Sebab, mesin 1,8 liter tersebut bertugas untuk menggerakkan Toyota C-HR yang berukuran lebih mungil.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan merupakan salah satu yang menjadi keunggulan Toyota C-HR. Mobil ini dilengkapi 7 SRS Airbags (Driver + Passenger 2 Side Airbags; 2 Curtain Side Airbags & Driver Knee), Blind Spot Monitor System, Rear View Monitor System, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Hill-Start Assist Control, Isofix Child Restrain System, dan Vehicle Stability Control.

Sedangkan Toyota Fortuner 2.4 G AT diesel dilengkapi dengan SRS Airbag Dual + Knee Airbags dan sistem pengereman ABS + EBD.

Fitur Toyota C-HR terdengar istimewa? Mungkin iya, bila dibandingkan dengan Fortuner saja. Namun, Liputan6.com akan membandingkannya dengan lawan-lawan lainnya dari pabrikan yang berbeda di artikel selanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Harga Beda Tipis, Pilih Toyota C-HR atau Fortuner?
Artikel Selanjutnya
Honda HR-V Unggul Tipis dari Toyota C-HR