Sukses

Mobil Initial D Dijual di Indonesia, Harganya Sebanding Toyota 86 2013

Mobil balap yang ada di film anime Initial D, Toyota AE86 Sprinter Trueno, dijual di Indonesia. Harganya sebanding dengan Toyota 86 bekas keluaran 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta otomotif, pasti tak asing dengan Initial D, manga populer yang telah diangkat menjadi anime dan game arcade drifting race era 80-an. Dalam Initial D, ada satu mobil legendaris yang dari dulu sudah menjadi incaran para penggemarnya. Apalagi kalau bukan Toyota AE86

Tak disangka, mobil hatchback ini ada yang menjualnya di Jakarta. Seperti yang diunggah akun instagram @bisaboy, Toyota AE86 dijual seharga Rp490 juta dengan surat-surat yang lengkap. 

Harga ini, berdasarkan situs jual-beli online, hampir sama dengan harga Toyota 86 bekas keluaran tahun 2013 yaitu sekitar Rp 495 juta.

Seperti diketahui, Toyota AE86 menjadi sangat terkenal karena dipakai oleh karakter utama, Takumi Fujiwara dalam anime Jepang karya Shuichi Shigeno tersebut. Dia melatih skill-nya di jalur pegunungan dengan mobil Toyota AE86 yang telah dimodifikasi. Mobil ini juga dikenal dengan nama Corolla Trueno.

Toyota AE86 yang dijual di Jakarta, rupanya mengikuti yang ada di Initial D. Nyaris seluruh bagiannya sama persis dengan gambar manga-nya. Mulai dari warna hitam-putihnya, lampu, ban, hingga detail-detail lainnya seperti tulisan Fujiwara Tofu Shop dalam huruf Jepang di bagian pintu samping.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Walaupun hanya masuk jajaran Corolla, namun kemampuan Toyota dengan kode sasis AE86 ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Drivability yang baik pada semua lini, bodi yang kompak serta kemampuan mesin yang prima membuat Toyota AE86 masih diburu hingga kini.

Kode “A” mengindikasikan kode mesin Toyota A Series (4A/4A-GE) dan E86 menandakan kode generasi keenam Corolla E80 Series (E adalah kode untuk Corolla). Generasi AE86 berakhir pada 1987 dan diganti dengan AE92 (Corolla Sprinter). 

Secara teknis, AE86 sudah memenuhi standar kebutuhan sebuah cita rasa sportscar. Mesin legendaris 4A-GE mempunyai spesifikasi inline 4, DOHC, 16V/20V dengan teknologi TVI-S yang memungkinkan pengaturan pasokan udara sesuai kebutuhan secara progresif.

AE86 dirancang dengan aura sport yang kental. Tak heran, generasi penerusnya Toyota 86 sudah masuk dalam jajaran mobil sport.

Mobil yang menjadi ikon Initial D ini bermesin 1.600 cc tanpa Turbo, tenaganya juga hanya 128 Tk. Jika dibandingkan dengan Toyota 86 terbaru, yang menggendong mesin berkapasitas 2.000 cc, tenaganya mencapai 200 Tk. Harganya pun tembus Rp 716 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini