Sukses

Jangan Lupa Matikan Motor dan Cabut Kuncinya Sebelum Turunkan Anak

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kasus kecelakaan yang melibatkan anak kecil akibat kelalaian orang tua. Bahkan, kecelakaan karena masalah yang dianggap sepele, masih aman, dan tidak berbahaya.

Seperti kasus orang tua yang menurunkan anaknya di sebelah kanan, dan si anak masih memegang handle gas. Akibatnya, buah hati tersayang tidak sengaja memutar gas hingga motor melaju tidak beraturan, dan menabrak sesuatu.

Dijelaskan Sony Susmana, Instruktur Senior dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kecelakaan yang melibatkan anak bisa dikurangi. Caranya, orang tua harus mengetahui standar operasional kendaraan.

"Umumnya orang selalu meremehkan kondisi-kondisi yang menurut mereka masih aman. Nah, kalau kita mengetahui SOP begitu motor berhenti, parkir, atau diam seharusnya cabut kunci motor, dan ini jarang terjadi. Pikirnya, masa anak kecil mampu melakukan hal itu (menjalankan motor)," jelas Sony saat dihubungi Liputan6.com, Senin (20/3/2018).

Lanjut Sony, padahal anak kecil ini sedang memiliki sifat ingin tahu dan usil. Terkadang, mereka utak-atik motor, terlebih lagi saat ini lebih banyak motor matik, hanya tinggal start dan gas.

"Jadi, sekali lagi SOP-nya jika hendak berangkat, dan ada barang atau anak kecil, si pengendara siap dahulu baru kontak on. Jadi, kunci selalu pengendara pegang. Begitu juga dengan berhenti, matikan motor, cabut kunci, baru turunkan barang atau anak kecil," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Hati-Hati, Motor Seruduk Minimarket karena Anak Ngegas

Bagi orang tua yang sering membonceng anaknya di motor, sebaiknya tetap berhati-hati dan waspada. Jangan sampai menimbulkan kecelakaan yang melibatkan dan membahayakan buah hati kesayangan.

Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi dan tersebar luas di dunia maya. Dalam video yang diunggah oleh akun @roda2blog di akun Instagramnya, terlihat si bapak hendak menurunkan anaknya dari sebelah kanan. Namun, tangan sang anak masih memegang handle gas dan memutar gas secara tidak sengaja.

Lalu, motor tersebut berjalan tanpa terkontrol. Pasalnya, sang ayah juga tidak bisa berbuat banyak karena harus memegang tubuh sang anak agar tetap aman saat motor melaju hingga menabrak pintu kaca minimarket.

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ingat, Boncengi Anak Harus di Belakang dan Pakai Safety Belt
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Motor Seruduk Minimarket karena Anak Ngegas