Sukses

Tips Berkendara Moge Saat Hujan, Kondisi Badan Paling Menentukan

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara menggunakan motor gede (moge) saat hujan memang harus lebih waspada. Persiapan kelayakan motor untuk memastikan bisa digunakan dengan baik memang penting, namun ada yang lebih penting diperhatikan saat berkendara moge.

Imam Budihardjo selaku Service Manager Diler Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta mengatakan hal utama yang harus diperhatikan yaitu kondisi badan sang bikers sendiri.

"Naik motor itu badan harus fit. Kondisi panas apalagi hujan kita gak boleh sampai kedinginan. Berarti harus pakai jas hujan, riding gear juga harus lengkap," kata Imam saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (28/2/2018).

Menurutnya jika seorang pengendara sudah merasa kedinginan saat di jalan, itu akan memecahkan konsentrasi.

"Kalau kita sudah kedinginan, konsentrasi kita itu pecah. Sedangkan bawa motor konsentrasi itu nomor satu," katanya.

Berkendara saat hujan juga perlu lebih hati-hati apalagi kalau sudah ada genangan air. Imam menyarankan agar bikers tidak mencoba-coba melindas genangan air jika kita tidak melihat moge lain melintasinya lebih dulu.

"Kalau kita yakin itu jalanan mulus, kita lewatin aja. Cuma kadang ada air, kita gak yakin di bawahnya rata atau nggak kan. Takutnya dalam, malah nyebur apalagi Harley termasuk motor yang harganya mahal kan sayang kalau sampai begitu," pungkasnya.

1 dari 2 halaman

Dua Hal Ini Harus Diperhatikan Pemilik Moge

Bagi pengendara motor gede (moge) seperti Harley Davidson, perlu memerhatikan dua hal penting berikut tanpa harus masuk ke bengkel. Hal tersebut ialah tekanan ban dan dan oli.

"Yang harus diperhatikan pertama tekanan angin, itu gak dirawat di bengkel tapi yang punya motor merawat sendiri. Bisa cek di rumah atau di pom bensin juga ada," kata Service Manager Diler Anak Elang Harley Davidson of Jakarta, Imam Budihardjo Minggu (25/2/2018).

Baca Juga

Menurut pria yang sudah 20 tahun lebih berkecimpung di dunia otomotif ini, pengecekan ban merupakan hal yang penting karena berkaitan dengan kestabilan motor.

"Itu (motor) kan bobotnya berat, handling beda, ban itu nomor satu karena itu bagian yang memang berhubungan dengan jalan," ujarnya.

"Kedua, oli. Oli juga tidak harus ke bengkel, oli bisa dicek sendiri, ada dipstick-nya bisa dibuka tanpa alat," lanjutnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Harley-Davidson Jangan Kelamaan Pakai Standar Miring, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Daftar Moge Bekas dengan Harga Kurang dari Rp 100 juta