Sukses

Toyota Yaris Sudah Berubah, Kapan Giliran Vios?

Liputan6.com, Jakarta - New Toyota Yaris secara resmi telah diluncurkan di Indonesia. Dengan berbagai ubahan, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim hatchback tersebut mampu terjual hingga 1.200 unit per bulan.

Di tengah kehadiran Yaris paling anyar, ternyata publik penasaran bagaimana dengan saudara kandungnya, yaitu Toyota Vios. Pasalnya, Yaris dan Vios masih menjadi satu saudara karena berbagi platform yang sama, mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.

 

Selain itu, Toyota Yaris dan Vios juga dibuat di pabrik yang sama milik Toyota di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Adapun yang membedakan kedua mobil ini paling terlihat, yakni Yaris tak memiliki buntut.

Menanggapi soal Vios tersebut, Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto, angkat bicara. Kata Warih, meski Vios memiliki persamaan secara platform, ada hal yang berbeda secara karakteristik, positioning, dan target konsumen.

“Kalau Vios itu lebih yang prestise dan stabil. Sementara Toyota Yaris lebih memiliki jiwa muda, dan dinamis," ungkap Henry saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

Menjawab pertanyaan kapan waktu peluncurannya, Henry menyatakan saat ini Toyota masih melakukan riset dan mempersiapkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Untuk saat ini belum. Nanti akan kami beri informasi," ucap Henry.

 

2 dari 2 halaman

Kata Bos TMMIN soal Toyota Vios 2018

Di tempat yang sama, Presiden Direktur PT Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN), Warih Andang Tjahjono ikut menanggapi. Bahkan, dia mengatakan siap membuat Vios baru.

“Harus ada planning. Ya, kalau Pak Henry nyuruh, ya kami produksi. Kami siap,”  ujarnya.

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Vios bersaing langsung dengan rival utamanya, yaitu Honda City. Soal wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Honda City lebih tinggi dibandingkan Toyota Vios.

Lihat saja, penjualan Honda City mencapai 1.024 unit di 2017. Sedangkan Toyota Vios hanya terjual 746 unit. Adapun di Januari 2018, Honda City terjual 140 unit, sementara Toyota Vios nihil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: