Sukses

Terungkap, Sejarah di Balik Nama Besar Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dikenal sebagai pabrikan mobil yang sudah menciptakan berbagai tipe mobil dan laris di pasaran. Namun, sebelum dikenal dengan nama Toyota, perusahaan asal Jepang ini bernama Toyoda.

Toyoda merupakan nama keluarga sang pendiri, Sakichi Toyoda, di mana kendaraan pertama yang diproduksi dijual dengan menggunakan emblem Toyoda.

Pada 1900, Sakichi Toyoda membuat mesin untuk mempermudah menyelesaikan tugas menenun benang menjadi kain.

Saat itu pabrikan yang selama ini kenal Toyota sebagai pabrik mobil, nyatanya dirintis dari perusahaan tenun sampai 1930.

Sekitar 1900-an, ketika Toyoda akan ditulis dengan huruf kanji, dua huruf terakhir yakni "da" dan "ta" memiliki kemiripan.

Namun, bila menggunakan nama Toyoda terdapat 10 goresan kuas, sedangkan Toyota hanya 8 goresan. Ada kepercayaan bahwa angka 8 merupakan angka keberuntungan, sehingga terpilihlah nama Toyota.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hingga akhirnya pada 1936, perusahaan keluarga ini menggelar kompetisi untuk logo baru. Dari 27.000 desain yang masuk, beberapa peserta ada yang melafalkan nama Toyoda menjadi Toyota.

Bahkan ada yang membuat logo dengan huruf kanji yang sepintas terbaca “teq” yang kemudian diartikan sebagai teknologi.

Mobil yang diproduksi pertama kali oleh Toyota ialah model AA, yang dipasarkan pada 1937. Namun model ini masih menggunakan nama Toyoda. Selain mobil penumpang, Toyoda sempat menghadirkan truk bernama G1 Truck.

Artikel Selanjutnya
Top3: Semua Bicara Honda Vario 2018
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Honda Vario Terbaru dan Yamaha NMax Kalah Kencang