Sukses

GIIAS Semarakkan Surabaya, Siap Dongkrak Bursa Otomotif Nasional

GIIAS Surabaya berlangsung pada 20-24 September 2017 di Grand City Convex Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah sukses bergulir di Makasar dan Jakarta, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali menyapa Kota Surabaya, Jawa Timur. GIIAS Surabaya berlangsung pada 20-24 September 2017 di Grand City Convex Surabaya.

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan GIIAS di Kota Pahlawan. Tercatat, GIIAS Surabaya diikuti 13 brand yang terdiri dari 12 merek kendaraan penumpang dan 1 merek kendaraan niaga.

Jika dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, peserta tahun ini lebih sedikit karena pada 2015 dan 2016 diikuti 13 peserta kendaraan penumpang dan 2 kendaraan niaga.

Merek kendaraan penumpang, di antaranya BMW, Daihatsu, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Renault, Suzuki, Toyota, Wuling, dan satu (1) merek commercial vehicle diwakili Mitsubishi FUSO. Sementara perusahaan pendukung industri otomotif yang ikut di tahun ini meningkat dari 15 peserta menjadi 20 peserta.

"Mudah-mudahan pameran ini sukses di Jawa Timur karena Jawa Timur juga punya kepentingan untuk peningkatan pendapatan daerahnya," terang Sekretaris Daerah Jawa Timur Akhmad Sukardi dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS Surabaya 2017, Rabu (20/9/2017).

Senada dengan Sukardi, Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah juga berharap agar GIIAS Surabaya bisa mendongkrak tumbuhnya industri Jawa Timur khususnya Surabaya yang kemudian mendorong industri secara nasional.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil secara nasional periode Januari-Agustus mencapai 715.291 unit. Jumlah tersebut lebih tinggi 3,5 persen dibanding tahun lalu.

Menurut Rizwan, kehadiran GIIAS Surabaya adalah sebagai bentuk Gaikindo dalam terus mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia terutama pertumbuhan di Jawa Timur. Disebutkan, Provinsi Jawa Timur memiliki peran penting dalam perekonomian nasional begitu juga industri otomotif.

"Jawa Timur merupakan salah satu daerah penyumbang penjualan mobil terbesar di Indonesia. Pada periode Januari-Agustus 2017 Jawa Timur menduduki peringkat ketiga dalam hal penjualan otomotif secara nasional dengan jumlah sebesar 7 persen,"

"Kami berharap GIIAS Surabaya 2017 bisa menjadi barometer bagi industri otomotif Jawa Timur dan selalu ditunggu kehadirannya oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya," tutup Rizwan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GIIAS 2017 Jadi Cerminan Kemajuan Industri Otomotif Nasional

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersiap menggelar pemeran otomotif tahunan di pertengahan tahun ini. Pameran berskala internasional bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 (GIIAS 2017) itu akan dihelat pada 10-20 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

"Tema kali ini adalah "Rise of the Future Mobility" artinya kami akan mengembangkan mobilitas ke depan," papar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Sampai dengan saat ini, setidaknya ada 27 brand yang akan mengikuti pameran tahunan ini. Rinciannya, 21 brand kendaraan penumpang dan 6 brand kendaraan niaga.

Ketua Penyelenggara GIIAS 2017 Rizwan Alamsjah mengatakan, penyelenggaraan GIIAS bisa menjadi tempat untuk menampilkan kemajuan industri otomotif nasional yang tidak kalah dengan negara maju khususnya dalam hal pameran otomotif.

"Masyarakat bisa melihat dengan pameran ini dan membandingkan kemajuan dunia otomotif secara global. Pameran ini bertaraf internasional, biasanya ada world premier atau launching kendaraan baru yang mungkin belum pernah diluncurkan dimanapun,"

"Untuk itu masyarakat bisa melihat dengan jelas kemajuan otomotif, GIIAS akan menjadi cermin perkembangan otomotif untuk dunia internasional," sambungnya.

Sama seperti tahun lalu, GIIAS 2017 menggunakan area seluas 96.577 meter persegi. Sekadar informasi, transaksi pada penyelanggaraan GIIAS tahun lalu mencapai Rp 6,1 triliun dengan total mobil terjual sebanyak 20.384 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.