Sukses

Kilas Balik Small MPV Mitsubishi, Masih Tersisa Satu Misteri

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya memperkenalkan small MPV terbaru di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/7/2017). Pendatang baru ini dibanderol dengan harga Rp 189 jutaan hingga Rp 246 jutaan.

Peluncuran ini bisa dibilang merupakan penantian panjang mereka yang ingin mencari alternatif di luar low MPV yang sudah ada seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan tentu saja, Toyota Avanza selaku penguasa pasar bertahun-tahun.

Bagaimana tidak, kalau dihitung dari sejak siluetnya diperkenalkan pertama kali melalui slideshow sederhana saat peletakan batu pertama (groundbreaking) pabrik baru di Deltamas, Cikarang, Bekasi, maka penantian para pecinta otomotif lebih dari dua tahun.

Pada 24 Maret 2015, diumumkan langsung oleh CEO Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko, Mitsubishi, yang kala itu masih bernama PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan bahwa small MPV ini akan dibangun bersama Pajero Sport baru serta Colt L300.

"Dari pabrik baru ini akan dikembangkan small MPV berkapasitas tujuh penumpang, Pajero Sport Baru, dan Colt L300," ujar Masuko ketika itu.

Berselang satu tahun, siluet small MPV itu mewujud dalam bentuk mobil konsep bernama XM Concept. Bentuknya kemudian mendapat respon baik dari publik, pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016.

Ketika itu banyak yang terkesan. Pasalnya, bentuknya benar-benar out of the box kalau dibanding dengan LMPV lain. Ia begitu sporty. Ada nuansa SUV yang begitu kental di sana. Mitsubishi menjanjikan bahwa versi produksinya akan mirip dengan konsep.

Setelah itu, mobil ini pun dibawa keliling ke berbagai kota di Indonesia. Tujuannya jelas, agar ia semakin diketahui masyarakat dan harapannya juga nanti banyak yang beli. Liputan6.com pernah beberapa kali diundang ke luar kota untuk menyaksikan bagaimana Mitsubishi memamerkan produk ini.

2 dari 2 halaman

Next

Sampai sini, sebetulnya hanya sedikit informasi yang diketahui. Mitsubishi Indonesia menutup rapat-rapat informasi, terutama soal spesifikasi dan harga, dengan beragam alasan. Strategi pemasaran yang sebetulnya cukup ciamik untuk membuat orang terus menunggu dan mengawasi.

Sampai kemudian, awal Juni kemarin, sebuah media Jepang melansir informasi bahwa versi massal XM Concept, yang terlihat "bergentayangan" di Jepang menjalani uji jalan, bernama Expander. Informasi ini kemudian diberitakan lagi oleh media-media nasional. Semua berlomba untuk mengkonfirmasinya langsung, namun lagi-lagi, Mitsubishi menutup rapat keran informasinya.

Bahkan ketika sejumlah jurnalis, termasuk Liputan6.com, diajak bertandang ke Mitsubishi Motors Corporation Okazaki Plant, Aichi, Jepang, pertengahan Juli lalu. Bahkan ketika itu mobil ini masih ditutupi kamuflase. Interior mobil juga belum boleh difoto.

Namun rahasia yang ditutup rapat bocor juga. Hanya beberapa hari sebelum peluncuran, sejumlah media dan blog melansir tampak depan small MPV Mitsubishi. Entah dari mana sumbernya, di sana terlihat bahwa model ini mengadopsi Dynamic Shield. Memang cukup mirip dengan versi konsepnya.

Penantian panjang pun terpuaskan kemarin (24/7). Small MPV Mitsubishi dipamerkan, tanpa kamuflase apapun, dan dengan seremoni yang megah di hadapan puluhan wartawan.

Namun bukan berarti ia sudah berhenti menyimpan misteri. Pasalnya, dan ini sebetulnya cukup bikin geregetan, Mitsubishi juga belum menginformasikan nama produk barunya ini. Bagian belakang kendaraan hanya bertuliskan emblem Mitsubishi, tanpa nama produk seperti layaknya mobil-mobil lain.

Mitsubishi mengatakan kalau nama small MPV mereka akan diumumkan pada GIIAS 2017, yang dihelat mulai 10 Agustus nanti.

Apakah benar namanya Expander seperti yang digembar-gemborkan selama ini? Dan apakah penjualannya memenuhi harapan? Kita tunggu nanti.