Sukses

Kandungan Lokal Toyota Fortuner Bertambah, Ini Detailnya

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Fortuner yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bertambah kandungan lokalnya setelah sepakat menggunakan surface headlining (pelapis atap bagian dalam) buatan lokal. Sebelumnya material bagian ini masih didatangkan dari luar negeri.

Disebutkan, PT Herculon Carpet (Herculon) yang merupakan produsen karpet untuk otomotif dan home decoration menjadi pemasok kebutuhan non-woven yang tak lain material untuk surface headlining.

Perusahaan nasional dari Semarang, Jawa Tengah ini telah melakukan pengiriman perdana non-woven sebagai raw material ke PT Inoac Polytechno Indonesia (IPI), salah satu perusahaan pemasok komponen tingkat pertama (1 st Tier) TMMIN. Pengiriman perdana berlangsung di Pabrik Herculon, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (11/7).

Presiden Direktur Herculon Jauw Tung Lin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerjasama dan kepercayaan Toyota Indonesia dan Inoac Polytechno Indonesia sehingga Herculon bisa memasok produk non-woven untuk komponen headlining mobil Toyota yang diproduksi di Indonesia.

"Kepercayaan yang diberikan ini merupakan wujud dari keinginan sekaligus filosofi bisnis kami sebagai pelaku industri untuk bisa memberikan kontribusi yang optimal bagi pendalaman struktur industri nasional sehingga produk-produk Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri dan menjadi komoditas ekspor," terang Jauw Tung Lin dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan, peningkatan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) merupakan salah satu pekerjaan rumah penting yang harus dikejar oleh industri otomotif.

Menurutnya, dengan TKDN yang tinggi, struktur industri otomotif Indonesia akan semakin kuat didukung oleh pemasok-pemasok lokal yang mumpuni. "TKDN tinggi tentunya juga mengurangi ketergantungan impor sehingga membantu pencapaian neraca dagang yang positif," tambahnya.

Selain material non-woven untuk surface headlining, Herculon melalui dua pabriknya yang berlokasi di Semarang ini juga memasok material untuk komponen otomotif lainnya, seperti floor carpet, back seat carpet, trunk-luggage carpet, dan trim carpet bagi Toyota dan merek otomotif lainnya.

Dalam waktu dekat, Herculon berencana untuk memasok non-woven material untuk model Toyota Yaris dan Toyota Vios.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini: